COVID 19: SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA

Ade Chita Putri Harahap

Abstract


pandemi covid 19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia membuat pemerintah mengambil keputusan untuk melakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dengan meminta masyarakat untuk tetap berada di rumah (stay at home) termasuk proses pembelajaran/perkuliahan. Peraturan tersebut dibuat agar memutus mata rantai penyebarab covid -19. Proses perkuliahan yang dilakukan secara daring atau online secara tidak langsung membuat mahasiswa beradaptasi dengan proses pembelajaran yang baru. Mahasiswa dituntut untuk bisa melakukan pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) pada masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa BKI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning mahasiswa BKI berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 71,7%, kategori tinggi 17,5% dan kategori rendah 10,8%. Hal ini menunjukkan bahwa masih perlu adanya adaptasi belajar bagi mahasiswa selama masa pandemi dan perlu adanya pengaturan diri dalam belajar (self regualted learning) yang baik pada dirinya.

Full Text:

PDF

References


A. Bandura. 1977. Social Learning Theory (Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Publishers.

A. Bandura. 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control (New York: W.H. Freeman and Company.

B.J. Zimmerman. 1989. “Models of Self-regulated learning and Academic Achievement” dalam B.J. Zimmerman & D.H. Schunk (Ed.), Self-regulated learning and Academic Achievement: Theory, Research, and Practice (New York: Springer-Verlag: 1-25.

B.J. Zimmerman. 1990. “Self-regulated learning and Achievement: The Emergence of a Sociual Cognitive Perspective. Educational Psychology Review, 2: 173-201.

B.J. Zimmerman. 1998 “Developing Self-Fullfilling Cycles of Academic Regulation: An Analysis of Exemplary Instructional Model.

Firman dan Rahman, S.R. 2020. Pembelajaran Online di tengah pandemi covid 19. Indonesian journal of Education Science. 2 (02): 81-89

https://www.detik.com/tag/data-terbaru-virus-corona-indonesia

Irma, A. 2014. “Hubungan Self regulated learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi (SMAN 1 Samarinda)”. eJournal Psikologi, 2 (2): 227-237.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group

Setyosari, P. 2007. Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2007 2:7-8.

Sohrabi, dkk. 2020. World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19) . International Journal of Surgery.

Wolters., dan Christopher, A. 1998. “Self regulated learning and College Students Regulation of Motivation”. Journal of Educational Psychology, 90 (2): 224-235.

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zimmerman. 1989. Self Regulated Learning and Academic achievement: Theory, research, and practive. Londong. Spring Verlag Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.