PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN BENCANA ALAM GUNUNG SINABUNG DI MTsN NEGERI KARO KABUPATEN KARO
Abstract
description in the form of written or oral words from the behavior of the participants and also research subjects that can be observed from social situations. After doing the research, it was found that the role of the BK teacher in increasing the motivation to learn students of natural disaster victims in MTsN Karo District. Karo, showed a pretty good change, where BK teachers provide services according to students' needs or according to what problems students are facing.
Keywords: The Role of BK Teachers, Student Learning Motivation of Mount Sinabung
Full Text:
PDFReferences
Makmun Syamsudin Abin, (2002), Psikologi Kepribadian, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
M, Luddin Bakar Abu, (2009), Kinerja Kepada Sekolah dalam Kegiatan
Bimbingan dan Konseling, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.
Sudrajat Akhmad, (2010), (Online), (Akhmadsudrajat, Wordpress,com, diakses 10
Juni 2017.
Amanda Cahya Betania, 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII
Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMPN 1Semarang: Skripsi
Universitas Negeri Semarang.
Departemen Agama RI,(2001), Al-Qur’an Terjemahan, Bandung :CV J-ART.
Djali, (3013), Psikologi Pendidika, Jakarta :Bumi Aksara.
Aswita Effi, (2012), Metode Penelitian, (Medan : Unimeda Press
A, Hallen, (2002), Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Ciputat Pers.
Uno, B Hamzah, (2011), Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi
Aksara Cet.Ke 7.
Soedarmadji Boy dan Hartono, (2012), Psikologi konseling, Jakarta: Kencana.
Fatmawijaya Andrian Hertu, (2015), Studi Deskriptif Kompetensi Kepribadian
konselor yang Diharpakan Siswa, Jurnal Psikopedagogja Vol 4 No 2
Akvar setiyady purnomo dan usman husain, (2000), Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara.
Wahyudi Imam,(2012), Mengejar Profesionalisme Guru: Strategi dalam
Mewujudkan Citra Guru Profesional, Jakarta : Prestasi Pustaka.
Iskandar, (2012), Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru, Jakarta:
Referensi.
King A laura, (2010), Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif, Jakarta: Salemba Humanika.
Suprianta Mamat, (2011), Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi
Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor, Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Moleong, (2010), Metode Peneltian Pendidikan Kualitatif, Bandung : Karya
Rosdakarya.
Mulyasa, (2004), Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung : Remaja Rosdakarya.
N W Heny Purwanita dkk, (2013), Penempatan dan Penyaluran Bimbingan
Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami
Kesulitan Belajar Di Kelas VII CSMP Negeri 3 Singaraja :Jurnal Ilmiah
Universitas Pendidikan Ganesha Bandung.
Lumongga Namora, (2014), Memahami Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Kencana.
Hamalik Oemar, (2013), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Syahrun & Salim, (2012), Metode Penelitian, Bandung Widya Puspita.
AM Sardiman, (2013), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sisrianti, dkk, (2013), Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor Sekolah di SMP Negeri 5
Pariaman, Jurnal Ilmiah Konseling Vol 2.
Sogino (2010), Metodologi Penelitian, Surabaya : Bina Ilmu.
Djahrama Bahri Syaiful, (2011), Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin, (2014), Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis integrasi), Jakarta: PT Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i2.6757
Refbacks
- There are currently no refbacks.