PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KORBAN BENCANA ALAM GUNUNG SINABUNG DI MTsN NEGERI KARO KABUPATEN KARO

Khairuddin Tambusai, Wulan Rama

Abstract


The background of this study is to find out the role of BK teachers in increasing the motivation to learn students of natural disaster victims in MTsN Karo District. Karo, this was known through observation of interviews with BK teachers. Students who are victims of natural disasters appear to be anxious at the time of eruption of a mountain, causing the student to not focus during the learning process. Information services can be implemented by BK teachers in helping to increase the motivation to learn students ofnatural disaster victims. Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bencana Alam Gunung Sinabung Di Mtsn Negeri Karo Kabupaten Karo This research aims to find out how the role of BK teachers in improving student motivation to learn victims of natural disasters in MTsN Karo District. Karo This study uses qualitative research with a descriptive research approach that produces a
description in the form of written or oral words from the behavior of the participants and also research subjects that can be observed from social situations. After doing the research, it was found that the role of the BK teacher in increasing the motivation to learn students of natural disaster victims in MTsN Karo District. Karo, showed a pretty good change, where BK teachers provide services according to students' needs or according to what problems students are facing.
Keywords: The Role of BK Teachers, Student Learning Motivation of Mount Sinabung

Full Text:

PDF

References


Makmun Syamsudin Abin, (2002), Psikologi Kepribadian, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M, Luddin Bakar Abu, (2009), Kinerja Kepada Sekolah dalam Kegiatan

Bimbingan dan Konseling, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Sudrajat Akhmad, (2010), (Online), (Akhmadsudrajat, Wordpress,com, diakses 10

Juni 2017.

Amanda Cahya Betania, 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII

Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMPN 1Semarang: Skripsi

Universitas Negeri Semarang.

Departemen Agama RI,(2001), Al-Qur’an Terjemahan, Bandung :CV J-ART.

Djali, (3013), Psikologi Pendidika, Jakarta :Bumi Aksara.

Aswita Effi, (2012), Metode Penelitian, (Medan : Unimeda Press

A, Hallen, (2002), Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Ciputat Pers.

Uno, B Hamzah, (2011), Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi

Aksara Cet.Ke 7.

Soedarmadji Boy dan Hartono, (2012), Psikologi konseling, Jakarta: Kencana.

Fatmawijaya Andrian Hertu, (2015), Studi Deskriptif Kompetensi Kepribadian

konselor yang Diharpakan Siswa, Jurnal Psikopedagogja Vol 4 No 2

Akvar setiyady purnomo dan usman husain, (2000), Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara.

Wahyudi Imam,(2012), Mengejar Profesionalisme Guru: Strategi dalam

Mewujudkan Citra Guru Profesional, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Iskandar, (2012), Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru, Jakarta:

Referensi.

King A laura, (2010), Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif, Jakarta: Salemba Humanika.

Suprianta Mamat, (2011), Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi

Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor, Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada.

Moleong, (2010), Metode Peneltian Pendidikan Kualitatif, Bandung : Karya

Rosdakarya.

Mulyasa, (2004), Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung : Remaja Rosdakarya.

N W Heny Purwanita dkk, (2013), Penempatan dan Penyaluran Bimbingan

Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami

Kesulitan Belajar Di Kelas VII CSMP Negeri 3 Singaraja :Jurnal Ilmiah

Universitas Pendidikan Ganesha Bandung.

Lumongga Namora, (2014), Memahami Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Kencana.

Hamalik Oemar, (2013), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Syahrun & Salim, (2012), Metode Penelitian, Bandung Widya Puspita.

AM Sardiman, (2013), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sisrianti, dkk, (2013), Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor Sekolah di SMP Negeri 5

Pariaman, Jurnal Ilmiah Konseling Vol 2.

Sogino (2010), Metodologi Penelitian, Surabaya : Bina Ilmu.

Djahrama Bahri Syaiful, (2011), Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin, (2014), Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis integrasi), Jakarta: PT Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i2.6757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.