PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII SMP N 60 PALEMBANG

Anisa Rosa, Yosef Yosef, Imam Bastoh Amarullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan empati siswa kelas 7.4 SMP Negeri 60 Palembang melalui penerapan teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat empati siswa yang berdampak pada suasana kelas yang kurang harmonis dan meningkatnya potensi konflik sosial di sekolah. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas dua kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan angket empati siswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik role playing secara signifikan meningkatkan empati siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata empati dari 37% pada siklus 1 menjadi 63% pada siklus 2. Teknik role playing memungkinkan siswa untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain secara langsung, sekaligus melatih keterampilan sosial seperti komunikasi, kerja sama, dan penyelesaian masalah. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok berbasis role playing direkomendasikan sebagai strategi efektif untuk menumbuhkan empati dan membangun karakter siswa yang peduli, toleran, serta mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2012). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 33-42.

Aqib, Z & Amrullah, A. (2019). PTK, PTS, & PTBK (Fl. Sigit Suyanto (ed.)). ANDI Yogyakarta.

Ayuni, R. D., Siswati, S., & Rusmawati, D. (2013). Pengaruh storytelling terhadap perilaku empati anak. Jurnal Psikologi, 12(2), 121-130.

Blatner, A. (2009). Role playing in education. Disponibile all'indirizzo: http://www. blatner. com/adam/pdntbk/rlplayedu. htm.

Chesler, M., & Fox, R. (1966). Role-playing methods in the classroom.

Callero, P. L. (1994). From role-playing to role-using: Understanding role as resource. Social psychology quarterly, 228-243.

Diana Mayasari, Siti Mardiana Hindayati, Fitriana Dyah Wulandari, Etik Sulistyowati, & Fitrah Romadhoni Laily. (2020). Meningkatkan Rasa Empati Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Siswa Kelas Xi Tkj 3 Di Smk Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 37(2), 17–24. https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no2.a2834

Indonesia, P. R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Terpadu, P. E., Daerah, B. K., Presiden, P., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., & Daerah, P. O. (1991). Presiden Republik Indonesia. 2010(1), 1–5.

Jamain, R. R., Yulius, H., & Putro, S. (2025). Pengaruh Sikap Empati dan Bystander Effect terhadap Perilaku Bullying Siswa di SMA. 0738(2), 375–385.

Lina, S. M., & Purnomo, A. (2019). Membangun empati siswa melalui bermain peran pada materi konflik sosial kelas VIII C SMP Lab UM. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(1), 7-14.

Nasution, P. E. S., & Siregar, A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 197-208.

Puspita, L. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Sikap Empati dan Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 1 Sumowono. Jurnal Fokus Konseling, 6(1), 46-53.

Umar, M. F. R., Saudi, N. A., & Gismin, S. S. (2022). Penanaman Perilaku Empati Melalui Role Playing Pada Anak. Nusantara Hasana Journal, 2(7), 276-282.

Sutja A. (2016). Teori dan Aplikasi Konseling (Jelpa Periantalo (ed.)). Penerbit WR.

Zen, E. F., Muslihati, M., Hidayaturrahman, D., & Multisari, W. (2020). Pelatihan perilaku respek, empati dan asertif melalui metode role play untuk mencegah bullying di sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 40-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.