EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 WATOPUTE
Abstract
Motivasi belajar sangat penting menunjang keberhasilan siswa dalam belajar, apabila siswa memiliki motivasi belajar yang rendah maka siswa tersebut akan mengalami hambatan dan masalah pada proses belajarnya. Oleh karena penelitian ini penting untuk memberikan intervensi berupa konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan motivasi bejar siswa yang rendah. Penelitian ini berjudul “Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Di SMA Negeri 1 Watopute” jenis penelitan yang digunakan Pre-Eksperimen dengan The One Group Pretest dan Postest Design. Pengambilan sampel menggunakan purposif sampilng dengan total sampel 8 siswa. Data dikumpul melalui angket motivasi. Hasilnya rata-rata motivasi belajar siswa sebelum intervensi berada pada kategori rendah (56,07%), sedangkan setelah intervensi berada pada kategori sangat tinggi (82,08 %). Sehingga dapat disimpulkan konseling kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa broken home.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amin, N. S., & Muhamadiah. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Teknik Bermain Peran ( Role Playing ) Bagi Siswa Di SMP Negeri 5 Kota Bima. JUPENJI:Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 98–105.
Astuti, F. H., & Mustakim, I. (2021). Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Realita Bimbingan Dan Konseling (JRbk), 6(2), 1391–1397.
Baihaki, M. (2020). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edu Consilium, 1(2), 82–97.
Hartanti, J. (2022). Tinjauan Teoritis Bimbingan Kelompok (B. A. Pratama (ed.); 1st ed.). UD Duta Sablon.
Lailiyah, N., & Afandi, M. (2020). Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan Dan Konseling Pendidikan, 1(2), 67–72.
Mulia, F. D., Rahman, K. A., & Rahmayanty, D. (2023). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 9, 69–76. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11586
Muttaqin, I. (2019). Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Keluarga Broken Home. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 245–256. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1956
Nasution, P. E. S., & Siregar, A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 197-208.
Novianto, R., Zakso, A., & Salim, I. (2019). Analisis Dampak Broken Home Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 1–8.
Nur’aeni. (2021). Psikologi Eksperimen Teori dan Implementasi (T. Haryanto (ed.); Pertama).
Nurihsan, A. J. (2018). Bimbingan dan Konseling dalam berbagai latar belakang kehidupan (M.Dandan Wildani (ed.); 6th ed.). PT. Refika Aditama.
Rusni, I., & Murni, I. (2022). Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10896–10899.
Safitri, L. E. A., Suryanti2, H. H. S., & Kusumaningtyas, L. E. (2021). Strategi Orang Tua Asuh Dalam Memberikan Motivasi Kepada Siswa Yang Malas Belajar Di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah II Surakarta. Medi Kons, 7(2).
Sari, D. P. (2021). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sd Al-Washliyah 25 Medan Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan (JIMEDU), 1(4), 1–12.
Suchodoletz, A. Von, Rahn, J., Nadyukova, I., & Barza, L. (2019). Can mindsets influence college students ’ motivation to learn ? Findings from the United States and the United Arab Emirates. Higher Education.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (3rd ed.). Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i2.22610
Refbacks
- There are currently no refbacks.