THE USE OF ANIMATED VIDEOS FOR THE DEVELOPMENT OF MULTICULTURAL-BASED CHARACTER VALUES IN FRENCH LANGUAGE LEARNING

Rohali Rohali, Tri Kusnawati, Desi Rahmawati

Abstract


The integration of character education into learning is essential. This study developed an animated video focusing on multicultural character values in French language education for high school students. It also described the character values that emerged in schools teaching French through these multicultural animated videos. Utilizing the action research and development (R&D) model proposed by Dick et al. (2005), the results indicated that three animated videos could effectively incorporate 11 character values for both classroom and out-of-class learning. These character values include religious faith, independence, tolerance, cooperation, discipline, curiosity, love of peace, hard work, nationalism, multiculturalism, and responsibility. These values are evident and fostered throughout the learning process.

Full Text:

PDF

References


Aditya, F. Widiatmaka, P, Rahnang, Purwoko, A.A. (2022) Pembentukan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran yang Bervariatif JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal . Volume 5, Nomor 2, Desember 2022.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 2 No. 1, Juni 2019 Hal. 21-33 21.

Aini, S., Fajari, L.E.W., , Sadiyah, H.,dan Fajrudin, L. (2023). Pengaruh Penerapan Modul Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Karakter Cinta Damai Siswa Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 11 Nomor 01 Tahun 2023

Arsyad, A. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aulia, N, Susanti, A. (2021). Peranan Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Siswa Jenjangpendidikan Dasar Primaryeducationjournal(Pej). Pej, 5 (1), Juni 2021. PEJ Page 25 –30.

Ayu, R., Marhayani, D.A., Dan Kamaruddin Analisis Karakter Disiplin Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 90 Singkawang Jurnal Pendidikan Ilmu

Azizah, M, Jariah, S, Aprilianto, A. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1, 1 (August 2023), pp. 29-45

Azwa, L. Alik Mustafidal Laili, A.M (2023).Karakter Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023. Halaman 21744-21743.

Basuni, B (2021) Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan Vol. 5 No.1, April 2021 – Oktober 2021.

Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness,

Boux, A.M (2022) Multiculturalité et plurilinguisme : défis pour la formation des professeurs des écoles∗ Çédille, revista de estudios franceses, 22 (2022), 495-499

Brennan, A et All (2023) Pratiques Innovantes en Éducation à l’Interculturel. Confiance par le programme Erasmus+ de l’Union European.

Cahyani, A.D, Lestari, P., dan Martiana, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Kerja Keras Pada Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Dusun Pule, Tegalrandu, Srumbung, Magelang. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi. Vol 8 No 1 Maret 2019.

Chasanah, N., Saputro, B., dan Abdul Ghoni, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Tematik di MI Al Ijtihad Citrosono Magelang. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume7 No 1 (2023)

Delila dan Budiyono (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD. Volume 08 Nomor 05 Tahun 2020, 893 – 903

Deviana, T, dan Sulistyani, N (2019). Nilai Karakter Nasionalisme pada Siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 3 No. 1 Februari 2019: 97-112

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction. Kemendiknas. (2010) Kerangka Acuan Pendidikan Karakter.

Efianingrum, A (2022). Kesadaran multikultural generasi Z dan implikasinya pada pendidikan. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, ISSN: 1412-1271 (p); 2579-4248 (e). Vol. 22. No. 1. (2022). pp. 1-20.

Efianingrum, A, Maryani, M. Sukardi, J.S, Hanum, F. Dwiningrum, A.I.A (2022) Kesadaran multikultural generasi Z dan implikasinya pada pendidikan Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 22. No. 1. (2022), 1-20.

Farid, F dan Aziz, R. (2023). Pengembangan karakter tanggung jawab siswa melalui penguatan aktivitas guru di dalam kelas. Jurnal pendidikan karakter. volume 14 nomor 2 tahun 2023 halaman. 114-121

Giwangsa, S.F., Maftuh, B., Supriatna, M., dan Ilfiandra (2023). Implementation of peace-love character development in elementary schools Inovasi Kurikulum Volume 20 No 2 (2023) 407-418

Hariyanti, F., Lestari, W. (2023). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Siswa Melalui Guided Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Volume 7, No.1, April 2023, pp : 83-94

Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru Di Mts Negeri Kabupaten Klaten. Al-Asasiyya: Journal Basic Of Education, Vol.02, No.01, Juli-Desember 2017

Hasbi, M, dkk (2020). Membangun Tanggung Jawab Anak . Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2020.

Hendarman (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Analisis dan Siknronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Penddidikan dan Kebudayaan.

Hendarman, dkk (2017) Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Karakolidis, Anastasios; Scully, Darina; and O'Leary, Michael (2021) "Eight issues to consider when developing animated videos for the assessment of complex constructs," Practical Assessment, Research, and Evaluation: Vol. 26 , Article 15.

Khaerunnisa, N, dan Sutiyono (2023). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD NU PRIMER: Journal of Primary Education Research. Volume 1, Number 1, June 2023, pp. 34-39

Marzuki, I dan Hakim, L (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr. Vol. 15 No.1 Maret 2019.

Marzuki, I dan Hakim, L. (2019) Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras Rausyan Fikr. Vol. 15 No.1 Maret 2019

Muhammad, H. (2016) Belajar Bahasa: Belajar Budaya. Prosiding Seminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspekftif Lintas Budaya – 2016

Munir (2015) Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Muslim (2016) Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Siswa SMP. Riksa Bahasa. Volume 2, Nomor 1 , Maret 2016.

Nuraen, I dan Labudasari, E. (2021) Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021..

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Oktaviana, B.S, Rindrayani, S.R, Sujai. I, S. (2021) Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Siswa Melalui Pembelajaran Ips Dan Budaya Sekolah Smpn 2 Pakel Inspirasi ; Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol.18, No.1, 2021

Pasani, C.F, dan Pramita, M. (2014) Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Kelas VIII-C SMPN 13 Banjarmasin . JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2 Januari – Juni 2014, h. 17-32 17

Purwanti, Astalini, Alrizal (2022). Identifikasi Karakter Tanggung Jawab Peserta didik Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Edumaspul, 6 (1), Year 2022- 905

Putri Fadillah, P. (2022)Pembelajaran Agama: Komparasi Karakter Religius dan Karakter Cinta Damai. Journal of Basic Education Research (JBER). Vol. 3, No.2, May 2022, pp. 64~68

Ramadhanti, L.R., Vinayastri, A. (2022). Pengembangan Instrumen Karakter Cinta Damai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. Vol. 6 No. 02, Desember 2022, Hal 393-404

Relis, A., Nurul, U., Sumarno. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19-23.

Rochmawati, F, Irianto, A, Rosidah, C.T (2020) Identifikasi Karakter Kerjasama Pada Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning(PBL). Buana Pendidikan Spesial Issue Vol. 16 No. 30s (2020).

Rusmiati, E.T (2023) Revitalisasi Toleransi Beragama dalam Kearifan Lokal Masyarakat Multikultural, Jakarta: Moestopo Publishing

Sabine, M. (2018) Global Perspectives Project, GCU.LEAD https://www.gcu.ac.uk/mediagcalwebv2/theuniversity/cntresprojects/globalperspect ives/Definition_of_Intercultural_competence.pdf

Santoso, I (2012) Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Bahasa Asing Berwawasan Interkultura. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Oktober 2012. 96-106

Saputri, A.W, Handayani, S., Oktiana Handini, O. (2023). Analisis Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Bayan No. 216 Surakarta pada Pembelajaran Tematik Integratif. Journal on Education, Volume 05, No. 02 Januari-Februari 2023, hal. 5449-5455.

Septian, A Dan Rahman, R. (2023). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Tentang Materi Mengutamakan Kejujuran Dan Menegakkan Keadilan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Anwarul. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Volume 3, Nomor 6, Desember 2023; 1504-1511

Sholihatin, L (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Plotagon Pada Siswa MA NU Petung Panceng Gresik. Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (KONASBARA) 2020. P. 320-326

Sipahutar, E. Lumbantobing, D.P, Gultom, H. , Sitompul, A.S (2023). Strategi Guru Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik Beda Agama Di SMA Negeri 3 Tarutung. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen. Volume 3, Number 1, Tahun 2023, Pp. 28-48.

Soe’oed, R., Rachmawaty, N., As’ari, M.H., (2018) Evaluation on the use of animated narrative video in teaching narrative text. SHS Web of Conferences 42, 00087 (2018).

Sulastri, S., Al Ashadi Alimin, A. (2017)Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 6, No. 2, Desember 2017.

Suryani, N.A, Martati, B., Setiawan, F. Analisis Karakter Mandiri Dalam Kegiatan Outdoor Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Education. Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, pp. 2235-2243

Syifa, U.Z., Ardianti, S.D., dan Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio. Vol. 8, No. 8, 2022, pp. 568-577

Talizaro, T. (2018) Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wardani, S.A dan Janattaka, N. (2022). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Tema 8 Kelas III Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 3, Nomor 4, Oktober 2022, hal 365-374

Yanti,M.O, Sulistyarini, dan Witarsa (2022). Pengaruh Karakter Tanggung Jawab Terhadap Hasil Belajar Perbankan Dasar Smk Mandiri Pontianak. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol 11. No 3 (2022)

Yulianti, S.D, Djatmika, E.T, Anang Santos, A. (2016) Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips Vol.1 No.1 April 2016.

Zuchdi, Darmiyati. (2009). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.

Zulfida, S. (2020). Pendidikan Karakter dalam Buku Ajar. Yogyakarta: Penerbit Sulur.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i2.22028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.