PERAN ORANG TUA TERHADAP PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE BAGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI MTS N

Zulkifli Tanjung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mencegah penyalahgunaan smartphone pada siswa kelas VII  MTs N 2 Labuhanbatu Utara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan orang tua, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menggunakan strategi berbeda dalam membimbing dan mengarahkan anak saat menggunakan smartphone. Strategi ini mencakup membatasi waktu penggunaan, mengelola konten dan aplikasi, pendampingan saat menggunakan  smartphone, dan mengomunikasikan risiko penyalahgunaan. Selain itu, kebijakan rumah yang jelas dan partisipasi aktif orang tua dalam program sekolah juga penting. Komunikasi yang baik antara orang tua dan guru juga mendukung upaya pencegahan penyalahgunaan  smartphone. Peneliti menemukan bahwa peran aktif dan konsisten orang tua sangat penting dalam pencegahan penyalahgunaan ponsel pintar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keberhasilan akademik dan kesejahteraan siswa. Rekomendasi diberikan untuk memperkuat kerjasama antara orang tua dan sekolah serta meningkatkan program pendidikan untuk penggunaan teknologi secara bijaksana.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Febiola, F. M. P. G. S. P. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Alat Komunikasi Handphone dan Medi Internet Berdasarkan Karakteristik Wilayah di Kecamatan Pauh dan Padang Timur. Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumbar. Padang.

Hidayatuladkia, ST, Kanzunnudin, M., & Ardianti, SD (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 5 (3), 363-372.

Nabila, S. (2023). Bimbingan Orang Tua Pada Anak Dalam Penggunaan Smartphone Di Kelurahan Way Halim Kota Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Nikmah, Astin. 2013. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Anak. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 3(1): 54-59.

Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112.

Rodiyah, S., Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., Pahliana, S., & Ardhianto, R. A. (2024). Kajian Administrasi Pendidikan Di Sekolah Dasar. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(1), 58-68.

Siregar, A. (2020). SIAPKAH KONSELOR KITA MELAKUKAN KONSELING/TERAPI KELUARGA?. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 5(2), 34-48.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ulfah, M. (2020). PENGASUH DIGITAL: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak dari Bahaya Digital? . Penerbit Pendidikan.

Wulansari, N. M. D. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak Di Era Digital. Visimedia.

Zulfitria, Z. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.21206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.