ANALISIS TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Eva Andriyana, Sapto Irawan

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi diri sendiri dan orang lain. Kecerdasan emosional sangat penting dimiliki dan dikembangkan oleh peserta didik. Dengan mengembangkan kecerdasan emosional, peserta didik dapat menjadi individu yang lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih sukses. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kecerdasan emosional peserta didik pada kelas yang saya ampu saat PPL di SMA Negeri 3 Salatiga. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dari Goleman dengan 5 (lima) indikator yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Berdasarkan analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional peserta didik pada kelas yang saya ampu saat PPL di SMA Negeri 3 Salatiga yaitu berada pada kategori tinggi serta pada setiap indikator berada pada kategori tinggi sangat tinggi serta tidak ditemukan pada kategori rendah.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 54–61.

Arafa, S., Kunci, K., Emosional, K., Belajar, P., & Kelas, S. V. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 26 Kota Sorong. In Jurnal Papeda (Vol. 4, Issue 1).

Asma, S. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index

Dewi, S. R., & Yusri, F. (2023). Kecerdasan Emosi Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.109

Fitrianingsih, F. , L. B. B. , & Indreswari, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengelola Emosi Marah Melalui Strategi Emotional Literacy. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kurnia, H., & Wahono, D. J. (2021). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 12, Issue 1).

Kurniady, Y. , & Mulyono, Y. S. (2023). PENTINGNYA KECERDASAN EMOSIONAL BAGI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA ANTIOKHIA KETAPANG KALIMANTAN BARAT. 5(2). https://ejournal.sttdp.ac.id/metanoia/home

Kusuma, D. (2020). MEMOTIVASI DIRI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI DIKALA PANDEMI.

Mergina, S., Widyorini, E., & Roswita, M. Y. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Parental Bonding terhadap Dark Triad of Personality Pada Remaja. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(3), 451. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i3.7554

Nurhabibah, S., Emosional, K., Teater, P., Kunci, K., Corespondensi, P. T., Sendatasik, P., & Pertunjukan, J. S. (2021). Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Budaya Aspek Teater di SMA Negeri 2 Sinjai.

Nursasih, I. D. (2023). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 129. https://doi.org/10.25157/jkor.v9i2.10981

Pohan, R. A. , & S. D. (2020). Kecerdasan Emosi Mahasiswi Bercadar serta Implikasinya bagi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam.

Hasibuan, R. S. N., & Siregar, A. (2023). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI IPS MAN ASAHAN. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8(2), 74-83.

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, T. (2020). KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Vol. 10, Issue 1). https://www.kompasiana.com/educare/5ee86f91097f366641225252/belajar-

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA SEKOLAH DASAR SD NEGERI 4 BILOKKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS DIRI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi Pembelajaran & Kecerdasan Emosional. Scopindo Media Pustaka.

Zikkri, A., Fathul Khoiryah, A., Putri, T. A., Alivia, W., Azzahra, W., Tas’adi, R., & Syafwar, F. (2022). Kecerdasan Emosi Siswa serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. In Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif (Vol. 1, Issue 2). https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/al-kaaffah




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i2.20585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.