ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN 4C PESERTA DIDIK ABAD 21 DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Yuliana Yuliana, Sapto Irawan

Abstract


Pada abad 21 ini peserta didik dituntut harus menguasai keterampilan yang dibutuhkan dalam era society 5.0.  keterampilan yang harus dibangun yaitu keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creative Thinking). Keterampilan 4C dalam pembelajaran dapat memberikan dampak yang besar untuk menghadapi tantangan hidup abad 21 bagi peserta didik.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif metode survey. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat keterampilan 4C peserta didik SMA Negeri 3 Salatiga dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket keterampilan 4C. Indikator yang tertuang dalam angket mengadopsi dari teori US-based Partnership for 21st Century Skill. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS, dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan 4C berada pada kategori baik. Dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, guru dapat mendorong peserta didik untuk menggunakan keterampilan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan berpikir kreatif, guru dapat membantu semua peserta didik mencapai potensi optimal dan mengembangkan keterampilan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cahya, M. D., Pamungkas, Y., & Faiqoh, E. N. (2023). Analisis Karakteristik Siswa sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kolaborasi Siswa. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 8(1).

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2022). Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 21-27.

Dorisno, D., Ayunis, A., Efendi, R., & Zulfahmi, H. B. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 163-174.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853.

Karmila, M. (2023). Implementasi Pembelajaran PjBL Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mengembangkan Keterampilan 4C Peserta Didik. JSG: Jurnal Sang Guru, 2(3).

Kristiani, Heny, dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republika Indonesia.

Marlina. 2020. Strategi Pembelajara Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: CV Afifa Utama.

Novitasari, L. L. A., Suryanti, S., & Dwikoraingsih, D. (2024, February). Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis dan Lisan Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Metode Diskusi. In Proceeding International Conference on Lesson Study (Vol. 1, No. 1, pp. 485-501).

Nuryani, S., Nugraheni, N., & Artiningsih, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Menggunakan Media Kantong Budaya. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(01), 89-96.

Purnawirawan, O. (2019). Pengembangan instrumen penilaian 4C (creativity, critical thinking, communication, dan collaboration) sistem pembelajaran abad dua satu dalam pengajaran bidang produktif sekolah menengah kejuruan. Pascasarjana: Universitas Negeri Semarang.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24-32.

Sari, A. P. K., & Mawardi, M. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4681-4704.

Shofwani, Y., Zuhri, M., & Jufri, A. W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Diferensiasiasi Proses) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik di Kelas X-4 SMA Negeri 1 Mataram. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 101-105.

Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning Terintegrasi Role Play untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 20, No. 1, pp. 54-60).

Tirtawati, N. L. R. (2024). Proses Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMA. Journal of Education Action Research, 8(1).

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan keterampilan abad 21 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation) di sekolah dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185-197.

Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13, No. 2, pp. 1-18).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.20184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.