ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DI SMAN 3 BUKITTINGGI

Kurnia Mira Lestari, Junaidi Junaidi, Supriadi Supriadi, Ramadhoni Aulia Gusli

Abstract


Kepemimpinan yang tepat merupakan sebuah keharusan yang wajib dimiliki oleh kepala sekolah. Seorang pemimpin harus menerapkan sebuah gaya kepemimpinan yang baik supaya bisa meningkatkan kualitas lembaga pendidikan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisa gaya kepemimpinan yang tampak di SMAN 3 Bukit Tinggi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif yang mana mendapatkan datanya melalui observasi dan wawancara dan jenis penelitiannya study kasus yang terjadi dilapangan. Lokasi penelitian ini di SMAN 3 Bukittinggi.  Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan teori yang relevan dengan teman yang diangkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki 3 gaya kepemimpinan. Yaitu: gaya kepemimpinan yang diamati meliputi gaya kepimpinan transaksional, gaya kepimpinan transformasional, dan gaya kepimpinan visioner.


References


Al, M. H. et. (2020). Pendampingan Guru Madrasah Untuk Mewujudkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Yang Berdaya Melalui Penguasaan Soal High Order Thinking Skills (HOTS). Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 183–200. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.97.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Pendkatan Paraktk. Rineka Cipta.

Baharun, Z. H. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Akademia Pustaka.

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2).

Fahmi, I. (2016). Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Alfabeta.

Gusli, R. A., M, I., & Akhyar, M. (2023). Konsep Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Lembaga Islam Di MTs S Sungai Rambah Kabupaten Padang Pariaman. 4(2), 61–78. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.197

Haromain, A. (2019). Pemimpin Berkualitas Terbentuk Dari Uji Kualitas (Analisa Tafsir QS. Al-Baqarah [2]: 124). Al Qisthas: Jurnal Hukum Dan Politik Ketatanegaraan, 7(2).

Heru, T. (2004). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional terhadap Kepuasan Bawahan. Jurnal Akuntansi & Manajemen STIE YKPN.

Lestari, K. M., M, I., Gusli, R. A., & Akhyar, M. (2023). Konsep manajemen keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Bukittinggi. 4(3), 262–271. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i3.15590

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosda karya.

Safaria, T. (2004). Kepemimpinan. Graha Ilmu.

Sari, D. P. (2013). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan di Gugus Rama 2 UPT DIsdikpora Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. 2(April), 33–43. https://doi.org/10.26877/jmp.v2i1.414

SISDIKNAS, U.-U. N. 20 T. 2003 T. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 Beserta Penjelasannya. Fokus Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suryadhiningrat, R. F. K., Yuniarsih, T., & Sojanah, J. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 164–174. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i2.46376

Syadzili, & R., M. F. (2018). Model Kepemimpinan Dan Pengembangan Potensi Pemimpin Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(2).

Veliu, L., Manxhar, M., Demiri, V., & Jahaj, L. (2017). The Influence Of Leadership Styles On Employee’s Performance. Journal of Management, 31(2), 59–69.

Yudiatmaja, F. (2013). Kepemimpinan; Konsep, Teori, dan Karakter. Jurnal Media Komunikasi, 30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.20148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.