STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN MELALUI GAYA SERVANT LEADERSHIP DI SMKN 1 SUNGAI LIMAU
Abstract
Kepala sekolah harus menggunakan rencana untuk mencapai tingkat pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kriteria nasional. Kepala sekolah harus berhasil dan efisien mencapai tujuan pendidikan. Gaya kepemimpinan kepala sekolah melibatkan memobilisasi secara efektif sumber daya manusia dalam organisasi, termasuk energi dan upaya pendidik, staf sekolah, dan siswa, untuk berhasil memenuhi tanggung jawab dan tugas yang ditugaskan. Untuk komponen organisasi berfungsi dengan baik, perlu untuk mengadopsi strategi yang selaras dengan lembaga pendidikan, yaitu gaya kepemimpinan pelayan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Pada penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan sudut pandang individu yaitu wawancara yang kemudian dianalisis bersama dengan studi teoritis berdasarkan data perpustakaan dan jurnal-jurnal penelitian terdahulu. Untuk memastikan validitas, data ini dikonfirmasi menggunakan prosedur pengurangan data yang secara sistematis menganalisis, memilih, dan mengecualikan sampai hasil terverifikasi dicapai. Lokasi penelitian ini di SMKN 1 Sungai Limau. Temuan ini mengindikasikan keberadaan enam jenis kepemimpinan pelayan yang berbeda. Terdapat enam model servant leadership yaitu: Value people, develop people, build community, display authentic, provide leadership, dan share leadership dan karakteristik servant leadership: mendengarkan, memenuhi, empati, penyembuhan, kesadaran diri, persuasi dan konseptualisasi.
Kata Kunci:Kepemimpinan Yang Melayani, Kualitas Layanan Pendidikan, Kepala Sekolah
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akhyar, M., M, I., & Gusli, R. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Di Sd It Karakter Anak Shaleh Kota Padang. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 31–46. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.196
Chairunnisa. (2013). Kepemimpinan, Sistem dan Struktur Organisasi, Lingkungan Fisik dan Keefektifan Organisasi sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 56–60.
Dianarini, L., & Sunaryo, W. (2022). Peningkatan Employee Engagement Melalui Penguatan Kepemimpinan Melayani dan Kepribadian. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 55–60.
Gusli, R. A., M, I., & Akhyar, M. (2023). Konsep Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Lembaga Islam Di MTs S Sungai Rambah Kabupaten Padang Pariaman. 4(2), 61–78. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.197
Kebudayaan., K. P. dan. (2006). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (PP. Nomor 22 Tahun 2006.
Kemdikbud. (2022). Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Wujudkan Lompatan Kemajuan Untuk Pendidikan Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Kusumastuti. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Di SMA Nurul Jadid. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1).
Lestari, K. M., M, I., Gusli, R. A., & Akhyar, M. (2023). Konsep manajemen keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Bukittinggi. 4(3), 262–271. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i3.15590
Nasution. (2023). Strategi Membangun Kepemimpinan Melayani (Servant) Bagi Pengawas Sekolah Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 88–103.
Nurgiansah, & Widyastuti. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 97–102.
Pratiwi, & Idawati. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Yang Melayani, Kepuasan Kerja dan Motivasi Instriksik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Lentera Harapan Sangihe. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 85–93.
Rahayu, & Benyamin. (2020). Penerapan Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership) Bidang Penguatan Karakter Guru dan Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 29– 35.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Syah. (2017). Perilaku Organisasi: Konsep dan Implementasi ((P. C. Sup). In Media.
Syamril. (2020). Pengaruh Servant Leadership Terhadap Nilai Kinerja Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 24–28.
Wijaya. (2017). Perilaku Organisasi ((N. S. Cha). . Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Wijono. (2018). Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi ((I. Fahmi). Prenadamedia Group.
Zahara. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi. Jurnal Warta.
Zulaiha, Meldina, & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.20146
Refbacks
- There are currently no refbacks.