ASPIRASI KARIER SISWA DI KELAS XII SMA N 1 KECAMATAN KAPUR IX

Sukma Putri Arieni, Yeni Afrida, Hidayani Syam, Sri Hartati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada di SMA N 1 Kecamatan Kapur IX yang menunjukkan bahwasanya siswa mengalami kebingungan tentang aspirasi karier dan arah karier apa yang cocok untuk mereka nantinya dalam pemilihan studi lanjutan. Aspirasi karier merupakan suatu pemahaman yang dimiliki individu menuju tujuan karier yang diinginkan sesuai keadaan atau harapan yang diinginkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah siswa sudah memiliki minat, motivasi, ide-ide alternative, perencanaan actual, memilih strategi, dan bekerja keras mengenai pendidikan lanjutan dan pekerjaan?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 198 orang siswa dengan sampel sebanyak 65 orang siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kusioner (angket). Selanjutnya, teknik analisis data diolah menggunakan statistik deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspirasi karier siswa pada aspek sikap maupun perilaku berada pada kategori sedang dengan persentase 50,76%. Siswa kelas XII sudah mulai memiliki minat, motivasi, serta ide-ide alternatif mengenai pendidikan lanjutan dan pekerjaan. Selanjutnya, siswa sudah mulai membuat perencanaan yang aktual, memilih strategi atau langkah-langkah, serta berkerja keras dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhyar, M., Iswantir, M., & Gusli, R. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Di Sd It Karakter Anak Shaleh Kota Padang. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 31–46.

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2024). The Influence Of The Profile Strengthening Of Pancasila Students (P5) Project On Student Character At SMPN 5 Payakumbuh. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).

Arnaz, L. U. W., & Rahmi, A. (2023). PEMANFAATAN INVENTORI MINAT DALAM LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI MAN ASAHAN. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 19–28.

Bakar, A. R., & Mohamed, S. (2004). Academic performance, educational and occupational aspirations of technical secondary school students. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 12(1), 31–43.

Chandra, Y., Rafiolla, R. H., & Adison, J. (2018). Stereotype Gender Dan Tingkat Aspirasi Karir Siswa Berjenis Kelamin Perempuan Serta Upaya Penanganan Dalam Perspektif Konseling. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(2), 467–474.

Kadafi, A. (2016). Efektivitas bimbingan kelompok islami untuk meningkatkan aspirasi karir mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 43–48.

Pratiwi, R. G., & Retnowati, E. (2019). Pengaruh regulasi diri terhadap aspirasi karier pada remaja. Ecopsy, 6(2), 373984.

Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Widiastuti, N. (2017). Aspirasi karier siswa SMA berdasarkan status sosial ekonomi dan gender. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 109–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.19716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.