Pengembangan Media Booklet Mengenal Temper Tantrum dan Cara Mengatasinya Di Kelurahan Mudung Laut

Muhammad Fariz Al Farisi, Nelyahardi Gutji, Hera Wahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini  ialah  untuk menghasilkan booklet mengenal temper tantrum sebagai media informasi bagi orang tua, mengetahui kelayakan produk media booklet mengetai temper tantrum dan cara mengatasinya berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dan mengetahui pendapat orang tua dengan adanya media booklet mengenal temper tantrum dan cara mengatasinya. penelitian ini dilaksanakan di wilayah RT.06 dan RT.07 Kelurahan Mudung Laut dengan jumlah responden sebanyak 15 Orang tua. adapun data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan analis data dalam penelitian ini menggabungkan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), dengan menggunakan tahapan model ADDIE (1) Analysis  (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjkan bahwa produk media booklet mengenal temper tantrum dan cara mengtasinya berdasarkan Ahli materi, media, dan dosen pembimbing produk dapat dikatakan layak dengan perbaikan sesuai komentar dan saran, dan berdasarkan hasil respon orang tua mengenai media booklet mengenal temper tantrum dan cara mengatasinya mendapatkan hasil sebesar 93% dan masuk dalam katergori “Sangat Baik” .


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alini, W. J., & Jannah, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan

Kejadian

Ambarita, J. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER KOLABORATIF Sinergitas Peran

Orang Tua, Guru Pendidikan Agama Kristen dan Teknologi. Penerbit Intelegi.

Eileen, H. (2003). Tantrum : Panduan Memahami dan Mengatasi Ledakan Emosi

Anak. Erlangga.

Gemilang Ritznor, C. E. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan

Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas Xi Di Sman 3 Sidoarjo the Development of Booklet As an Information Service Media To Understand Hedonism Life Style of Eleventh Grade Students in Sman 3 S. Jurnal BK UNESA, 6(3), 3–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/15890

Hasan, M. (2022). Pengantar Riset Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Riset_Pendidikan/416aEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Idhayanti, R. I., Winarsih, S., Masini, M., Sarwono, B., Agustina, R., Safitri, S.,

Wijayanti, N. Z. D., Rahmawati, N. D., & Nurjanah, A. S. (2022). Cegah Tantrum Pada Anak Melalui Pendampingan Ibu Balita. Link, 18(1), 37–42. https://doi.org/10.31983/link.v18i1.8050

Juniah, J., Apriliawati, A., & Sulaiman, S. (2020). Media Booklet Dan Audiovisual

Efektif Terhadap Pengetahuan Orangtua Dengan Balita Stunting. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 60-65.

Lauren S. Wakschlag, Seung W. Choi, Alice S. Carter, Heide Hullsiek, James

Burns, Kimberly McCarthy, Ellen Leibenluft, and M. J. B.-G. (2012). Defining The Developmental Parameters of Temper loss in early Chillhood : Implication for developmental psychopathology. Journal of Child Psychology and Pschiatry,and Allied Disciplines. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3633202/

Lestiawati, E. L. E., Aida, N., & Vidayanti, V. (2022). Perbedaan Edukasi

Menggunakan Media Booklet Dan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Penanganan Anak Dengan Temper Tantrum. HEALTH CARE: JURNAL KESEHATAN, 11(2), 449-457.

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembanganya.

Kencana.

Putri, astuti ardi. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku

Tantrum Pada Anak Di Tk Bunda Dharmasraya. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 37–42.

Septa Katmawati, Sofia Al Farizi, Dea Aflah Samah, Farah Paramita, Bagus Nuari

Harmawan, Lia Dewi Ningrom, Rosyada Firdausi, Agung Kurniawan, Yasinda Thasia Audina, Muhammad Irfan Syahputra, R. P. (2021). Analisis Pengaruh Multifaktor terhadap Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia. Literasi Nusantara Abadi.

Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). PENGARUH KESIAPAN

MENJADI ORANG TUA DAN POLA ASUH PSIKOSOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAKn. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106.

Srimiyati. (2020). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet Berpengaruh

Terhadap Pengetahuan Kecemasan Wanita Menghadapi Manopause.

Jakad Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and

Development (3rd ed.). Alfabeta cv.

Suhadianto, & Ananta, A. (2021). Pelatihan Menghadapi Perilaku Tantrum Pada

Anak Di Paud Kartini Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Nasional, 01(02), 15–22. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sujta, A. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Dan Konseling. Wahana

Resolusi.

Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga:

Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35-50.

Yiw’Wiyouf. (2017). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Islamic Center Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 110265




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.