METODE PENGAJARAN MENURUT IBNU SINA: STUDI ANALISIS LITERATUR

Dhian Fatimah, Arba’iyah Yusuf, Eka Salma Inayah, Imroatul Asheila Almasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalis sekaligus mengetahui metode pengajaran menurut Ibnu Sina. Jenis metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Studi Literatur. Hasil dari penelitian ini adalah metode pembelajaran prespektif Ibnu Sina ada 7 macam, diantaranya metode talqin, demonstrasi, diskusi, pembiasaan dan keteladanan, penugasan, targhib, tarhib, dan magang. Meskipun pemikiran ibnu sina mengenai metode pengajaran tidak terlahir di era sekarang, beberapa metode seperti diskusi, magang dan penugasan terbukti masih efektif dan di gunakan di masa sekarang ini dan keberhasilan itu sendiri bergantung pada pemahaman guru itu sendiri terhadap karakteristik bentuk materi yang akan diajarkan. Penelitian ini berimplikasi pada penguatan pengetahuan mengenai metode pengajaran menurut prespektif ibnu sina sehingga dapat diterapkan dengan baik pada masa sekarang ini.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar.

Hidayat, Y. (2015). Pendidikan dalam Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 12–22.

Jauhari, M. I. (2020). KONSEP PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI ERA MODERN. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 187–210.

Junaedi, D. (2022). Pendidikan Islamdalam Perspektif PemikiranIbnu SinaIslamic Education in the Perspective of Ibn Sina’s Thought. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 4(1), 11–12.

Rahman. Muhammad Irfandi, N. S. (2019). RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU SINA PADA PENDIDIKAN MASA KINI. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 142–156.

Rahman, F., & Wahyuningtyas, A. (2023). Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digitalisasi. Journal on Education, 05(02), 2353–2368. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/891

Rahman, M. I., & Shofiyah, N. (2019). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina Pada Pendidikan Masa Kini. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 142–156. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20640

Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan , Kurikulum , Metode Pembelajaran , dan Guru Ibn Sina ’ s Educational Concept of Educational Objectives , Curriculum , Learning Methods , and Teachers. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 18, 18(1), 779–790.

Ratna, E. D. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52.

Udayani, R. (2021). 7+-+199-214. 1(2), 199–214.

Wijayanti, A. (2004). Metode Mengajar Sebagai Strategi dalam Mnecapai Tujuan elajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1), 66–67.

Yusuf, I., Program, M., Pendidikan, D., Islam, A., Islam, U., Sultan, N., Muhammad, A., & Samarinda, I. (2021). Pendidikan Menurut Filsafat Ibnu Sina (980 M-1037 M). Cross-Border, 4(2), 764–779.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.