Hubungan Self-efficacy dengan Prokrastinasi Siswa di SMP Negeri 5 Kota Jambi

ade indah sari, Yanto Yanto, Hera Wahyuni

Abstract


Salah satu bentuk belajar yang dilakukan oleh para siswa adalah mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru untuk memenuhi persyaratan akademik. Saat ini seringkali banyak siswa yang melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Self-efficacy yaitu keyakinan yang dimiliki oleh seseorang akan kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan tertentu yang berdampak dengan adanya penundaan tugas yang diberikan oleh guru atau disebut prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara Self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Jambi dengan jumlah 364 siswa. Dalam penelitian peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat adanya hubungan antara Self-efficacy dan prokrastinasi di SMP Negeri 5 Kota Jambi, dilihat dari hasil analisis korelasi dan didapatkan nilai Sig sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya didapatkan r hitung sebesar (0,523) dan ditafsirkan sebagai korelasi sedang (hubungan memadai)

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arnani, Rizki. Santosa, Hardi. & Sumiyem. 2022. “Upaya Mereduksi Perilaku Prokrastinasi

Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing

pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengkong tahun pelajaran 2021/2022”. Jurnal

konseling pendidikan islam. Vol. 3 No. 2, Juli ISSN: 2655-9692. EISN: 2746-5977

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and

Functioning, Educational Psychologist, 117-148.

Ferrari, J. R., et al. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research, and

treatment. New York & London : Plenum Press.

Garvis, S., & Pendergast, D. (Eds). 2016. Asia-pacific Perspectives on teacher self efficacy.

Springer.

Ghufron,M.N., & Risnawita, R.S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Arruzz Media.

Irianto.A (2010). Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya). Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Munawaroh. Alhadi. Saputra. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah

Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan

Konseling. 2(1), 2017, 26-31

Santrock, J, W. 2017. Psikologi Pendidikan: Edisi 2. Penerjemah Wibowo BS, Tri, Jakarta:

Kencana.

Setiyawati, dkk. 2021. Academic Bournout Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan

Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Media Nusa Creative: Malang.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Supriyadi, A. A. (2019). Airmanship. Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, A. M. P. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan

Aplikasinya. Jakarta Kencana.

Sutja, dkk. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta:

Wahana Resolusi.

Tri Wahyuni & Qodariah. (2022). “Hubungan Self-efficacy dengan prokrastinasi akademik

mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Universitas Islam Bandung”. Jurnal Bandung

Conference Series: Psychology Science. Volume 2, No. 1, Tahun 2022, Hal: 590-594

ISSN: 2828-219. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i1.234

Triyono. Rifai. (2019). Self Efficacy dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi

Akademik. CV Sindunata.Sukorejo. ISBN: 978-602-442-845- 7. e-ISBN : 978-602-442-

-9

Wahyuni, H., Rasimin, R., & Yusra, A. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Berbasis PrinsipPrinsip Belajar dalam Islam untuk Meningkatkan Etika Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal

Ilmu Pendidikan, 3(2), 321-332.

Yanto, Y. Firman, F., Setiyadi, B., Arief, H., & Sekonda, F. A. (2022). Pelatihan Penulisan

Buku dan Karya Ilmiah Berbasis TIK untuk Pengembangan Karir Guru. Jurnal Abdi

Masyarakat Indonesia, 2(5), 1465-1472.

Yeli, Rafita. (2021). Hubungan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Gayo Lues di Banda Aceh. Thesis. Program Studi Psikologi Universitas Islam Negeri ArRanir




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.