EFEKTIVITAS MODEL KONSELING RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN ASPEK REFLECTING DAN ADAPTIVE HELP SEEKING MAHASISWA

Yenti Arsini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas model konseling restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan resiliensi akademik, khususnya dalam aspek Reflecting and Adaptive Help-Seeking, di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana model konseling restrukturisasi kognitif dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan resiliensi akademik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran (mix-method) yang mencakup metode kuantitatif dengan desain non-equivalent group design serta metode kualitatif. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa BKPI FITK UINSU angkatan 2020, dengan sampel penelitian berjumlah 32 mahasiswa yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseling restrukturisasi kognitif efektif dalam meningkatkan resiliensi akademik pada aspek Reflecting and Adaptive Help Seeking. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya memperluas implementasi konseling restrukturisasi kognitif dalam lingkungan universitas, terutama dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa menghadapi perubahan dalam pendidikan tinggi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aprilia Ningsih, P., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. (2023). The Effectiveness of Cognitive Counseling with Cognitive Restructuring Techniques to Increase Students’ Interest in Literacy. Bisma The Journal of Counseling, 7(1), 59–65. https://doi.org/10.23887/bisma.v7i1.58845

Arsini, Yenti & Ahman & Sugandhi, N. & N. (2019). Comprehensive Guidance and Counseling in Improving The Resilience of Students. Global Perspective on 21st Elementary Education, 2(1).

Arsini, Y., Rusmana, N., & Sugandhi, N. (2022). Profil Resiliensi Remaja Putri di Panti Asuhan dilihat Pada Aspek Empathy, Emotion Regulation dan Self-Efficacy. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.151

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Chen, A., Zhang, J., Liao, W., Luo, C., Shen, C., & Feng, B. (2022). Multiplicity and dynamics of social representations of the COVID-19 pandemic on Chinese social media from 2019 to 2020. Information Processing & Management, 59(4), 102990. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2022.102990

Corsini, R. (2001). The Dictionary of Psychologi. Bruner Routledge.

Karabıyık, C. (2020). Interaction Between Academic Resilience And Academic Achievement Of Teacher Trainees. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 7(4), 1585–1601. http://iojet.org/index.php/IOJET/article/view/1032

Manuardi, Ardian Renata & Mustopa, S. (2021). Implementasi Restrukturisasi Kognitif Model Coping Thought dalam Setting Konseling Kelompok. Quanta, 5(1), 1–8.

Marsh, H. W., & Martin, A. J. (2003). Academic Resilience and the Four Cs: Confidence, Control, Composure, and Commitment. Australian Association for Research in Education, 5(3), 248–253.

Masdelina, A., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2023). Dampak Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Akademik. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i1.1678

Masrifah, M., & Hendriani, W. (2022). Resiliensi Akademik Ditinjau dari Strategi Self-Regulated Learning (SLR) pada Mahasiswa Pascasarjana Multidisiplin. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 5(2), 95. https://doi.org/10.29103/jpt.v5i2.8233

Perdana, K. I., & Wijaya, H. E. (2021). Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Prediktor Resiliensi Akademik Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Psycho Idea, 19(2), 186. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i2.10711

Rickwood, D. dkk. (2005). Young people ’ s help-seeking for mental health problems Young people ’ s help-seeking for mental health problems. Health (San Francisco), 4(3), 1–34.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.

zuchri abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Dr. Patta Rapanna (Ed.), Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.