Penguatan Pendidikan Islam Ditengah Masyarakat Minoritas Muslim (Studi Kasus di MTs Hasanudin Semarapura Bali)

Mariyatul Qibtiyyah, Ahmad Fauzi, Herwati Herwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya penguatan pendidikan Islam bagi siswa MTs Hasanudin Semarapura Bali dan untuk mengidentifikasi problem serta solusi dari upaya penguatan pendidikan Islam bagi siswa MTs Hasanudin Semarapura Bali. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian lapangan (Qualitative Research) dengan pendekatan fenomenologis. Temuan penelitian dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi dan menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan peneliti bahwasanya penguatan Pendidikan Islam di MTs Hasanudin Semarapura Bali dimulai dengan menanamkan nillai-nilai keagamaan antara lain program Tahfidz Juz 30, Sholat berjamaah harian, Sholat Jum'at, Infaq Qurban, ekstrakurikuler Hadrah dan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI).

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, J. (2021). Visualisasi Data Kependudukan. In Kependudukan (p. 35). https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/peta/

BudyKusnandar, V. (2022). RISSC: Populasi Muslim Indonesia Terbesar di Dunia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia%0Ahttps://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia#:~:text=Indonesia menjadi negara dengan pop

Fadhli, Y. Z. (2014). Kedudukan Kelompok Minoritas dalam Perspektif HAM dan Perlindungan. Jurnal Konstitusi, 11(2), 353–370.

Fazl Ezzati, A. (n.d.). Konsep Minoritas dan Mayoritas dalam Islam.

Gellert, P. K. (2015). Optimism and Education: The New Ideology of Development in Indonesia. Journal of Contemporary Asia, 45(3), 371–393. https://doi.org/10.1080/00472336.2014.978352

Harimulyo, M. S., Prasetiya, B., & Muhammad, D. H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu ’ awanah Dan Relevansinya. 6(1), 72–89.

Herwati, H. (2020). ” Satlogi Santri” sebagai Sistem Nilai dan Falsafah Hidup Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 11(2), 211–227.

Herwati, H. (2022). PEMBENTUKAN BUDAYA RELIGIUS TERHADAP MASYARAKAT MINORITAS MUSLIM DI DESA TENGGER KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO. 16(1), 60–75. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.

Hidayah, U. (2018). REKONSTRUKSI EVALUASI PENDIDIKAN MORAL. 05(01), 69–81.

Kholidah, L. N. (2015). Pola integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan. At-Ta’dib, 10(2).

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.

Manshuruddin. (2022). PENDIDIKAN ISLAM MUSLIM MINORITAS : KASUS AMERIKA SERIKAT. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 124–132.

Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581

Muniroh, A. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surah As-Saffat Ayat 102. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–15.

Rangkuti, S. S., Islam, N. P., & Jihad, T. A. (2018). Suheri Sahputra Rangkuti : Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tafsir Ayat Jihad …. 12(1), 184–201.

Ritzer, G. (2015). Essentials of sociology.

Robinson, F. (2013). Inside a Madrasa: Knowledge, Power and Islamic Identity in India By Arshad Alam. Journal of Islamic Studies, 24(1), 114–115. https://doi.org/10.1093/jis/ets081

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Solikhin, A. (2016). ISLAM , NEGARA , DAN PERLINDUNGAN HAK-HAK ISLAM MINORITAS. 1(2).

Syakhrani, A. W. (2019). MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4 . 0. 1(2), 57–69.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i1.15672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.