Tingkat Motivasi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hamni Fadlilah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika ekonomi dan bisnis pada program studi ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 38 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika ekonomi dan bisnis.  Disarankan kepada Dosen untuk  meningkatkan motivasi mahasiswa sebelum melakukan proses perkuliahan dengan tujuan untuk meningkatkan  hasil belajar yang diperoleh mahasiswa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardinata, C. P. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Mandala. Jurnal Mitra Pendidikan (Online), IV Nomor 6. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v6i6

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multavariate Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nugroho, R., & Warmi, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 2 Tirtamulya. Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6 Nomor 2. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627

Nuryana, A. N. (2020, April 9). Dampak Pandemi Covid -19 Terhadap Dunia Pendidikan.

Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media.

Priyanto. (2009). Dasar Teori dan Praktis Pendidikan (Jakarta). Grasindo.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil belajar. Pustaka Pelajar.

Purwanto, N. M. (2007). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. (2015). Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.

Simbolon, N. T. (2022). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Universitas Quality Berastagi. Jurnal Suluh Pendidikan (JSP), 10 Nomor 1.

Suharsimi Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://pskp.kemdikbud.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i2.15308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.