Gambaran Kesepian pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adreas Wisnu AP, Meytikasari Dwijayanti, & Fayruziyah Ifroch S, (2020). Gambaran Tingkat Kesepian dan Deprisi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah BK: Volume 3 No 3.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aucejo, E. M., French, J. F., Araya, M. P. U., & Zafar, B. (2020). The impact of COVID-19 on student experiences and expectations: Evidence from a survey (No. w27392). National Bureau of Economic Research. https://doi.org/10.3386/w27392
Azmir. (2011). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Chaterine, R. N. (2020). Mendikbud Nadiem Khawatir Siswa Belajar di Rumah Jadi Merasa Kesepian, Detiknews. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d5047163/mendikbud-nadiem-khawatir-siswa-belajar-di-rumah-jadi-merasa-kesepian
Ferawaty Puspitorini, (2020). Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI): Edisi Khusus No. 1.
H.B. Sutopo, Penelitian Kualitatif (2006). Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas sebelas Maret.
Halal, R. S. A. (2020) Dampak Covid-19 terhadap Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar’I. 7 (5), 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Herdiansyah, Haris. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hermawan Warsito. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lexy J. Moloeng. (1998) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Martaria Rizky Rinaldi,. Kesepian pada Mahasiswa selama Pandemi Covid-19,. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan: Volume 11 No.3 (Special Issue).
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.
Nana Saodih Sukmadinata. (2004). Metode Penulisan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peplau, L. A., & Perlman, D. (1982). Perspectives on loneliness. In L. A. Peplau, & D. Perlman (Eds.), Loneliness: A sourcebook of current theory, research and therapy (pp. 1-18). Wiley. New York.
Pradana, A. A., Casman., & Nur’aini. (2020). Pengaruh Kebijakan Social Distancing Pada Wabah Covid-19 Terhadap Kelompok Rentan Di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: Jkki, Volume 09 No. 02.
Sumadi Suryabrata. (1995). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sutoyo Anwar. (2013) Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syakir. (2020). Ketentuan Kemenag bagi Madrasah tentang Belajar dari Rumah. Nu Online: Jakarta. Diakses dari https://www.google.com/amp/s/www.nu.or.id/amp?nasional/ketentuankemenag-bagi-madrasah-tentang-belajar-dari-rumah-vo0Qr.
Usman Rianse. (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.
Victor C. R., & Yang K. (2012). The prevalence of loneliness among adults: a case study of the United Kingdom. Journal Psychology. 146(1-2), 85104. https://doi.org/10.1080/00223980.20 11.613875.
Wei, M., Russel, D.W., & Zakalik, R.A. (2005). Adult attachment, social self-efficacy, self disclosure, loneliness, and subsequent depression for freshman college student: a longitudinal study. Journal of Conceling Psychology: Vol. 52. No.4.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11563