Manajemen Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Pada Prodi BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan

Mahidin Mahidin

Abstract


Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan dengan menggunakan beberapa media seperti elearning, zoom, google, dan WA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran di masa covid 19 oleh prodi BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah mahasiwa dan dosen yang aktif pada perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2021-2022 pada prodi BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan melalui WA, website e-learning, dan menguhubngi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran di prodi BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan dilaksanakan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian. Pada pelaksanaan pembelajaran, kencenderungan dosen menggunakan zoom meeting dan group WA, dan sedikit yang menggunakan e-learning.uinsu.ac.id yang telah disediakan oleh universitas. Ketika dikonformasi, yang menjadi kendala adalah seringnya server mengalami maintenance, dan juga rendanya kompetensi dosen dan mahasiswa dalam mengoperasikan elearning.uinsu.ac.id

Full Text:

PDF

References


Adri, F. M., Giatman, M., & Ernawati. (2021, Juni 24). Manajemen Pebelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 Berbasis Blended Learning. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, pp. 110-118.

Ambarita, A. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Anoraga, P. (1997). Manajemen berbasis Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayu, I. A., Hidayati, L., Marniati, & Mayasari, P. (2021, Maret 01). Manajemen Pembelajaran Daring dalam Masa pandemi Covid 19 di Prodi S1 Pendidikan tata Busana Universitas Negeri Surabaya. Journaal of Vocational dan Technical Education, pp. 30-37.

Waryanto, N. (2006, Desember 1). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, pp. 10-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.10576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.