PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN KETERAMPILAN KELUARGA SEMBIRING DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KURSUS MENJAHIT DI KECAMATAN KABANJAHE KABUPATEN KARO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kegiatan yang dilakukan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) , metode yang dilakukan dalam pengajaran, promosi dan pembiayaan serta mengetahui kondisi perekonomian masyarakat setelah mengikuti program yang di adakan oleh LPK Keluarga Sembiring. Penelitian ini merupakan peneltitian kualitatif dengan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kegiatan LPK berupa kursus menjahit. Metode yang digunakan LPK Keluarga Sembiring adalah 30 % teori dan 70% praktek. Strategi promosi yang dilakukan LPK Keluarga Sembiring adalah dengan menggunakan brosur, radio dan media sosial. Biaya belajar kursus menjahit adalah Rp. 4.000.000. kondisi perekonomian keluarga yang merupakan lulusan LPK Keluarga Sembiring semakin meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshari, M. Hafi, 1982, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Cholil Mansyur, Muhammad, 2005, Sosiologi Masyarakat Kota & Desa, Surabaya: Usaha Nasional.
Daulay, Haidar Putra, 2007, Sejarah Pertumbuhan Pembaruan Penddikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.
Departemen Agama RI, 2011, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Bintang Indonesia.
Faisal, Sanapiah, 1981, Pendidikan Luar Sekolah di Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional, Surabaya: Usaha Nasional.
Joesoef, Soelaiman, 2004, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah, 2009, Dasar-dasar ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Husein, Ahmad, 2016, Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mangkoesatyoko, Moersarah, 1975, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 1, Jakarta: F. A. Hasmar.
Marzuqoh, Alina Nihaya, 2008, Skripsi “Peran Sosial Kiai Kampung di Desa Salamrejo Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung”,Yogyakarta: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga.
Martono, Nanang, 2014, Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Rajawali Pers.
M. Setiadi, Elly dan Usman Kolip, 2011, Pengantar Sosiologi pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial, Jakarta: Kencana.
Mulyana, Deddy, 2001, Metodologi Peneltian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murniati, 2008, Manajemen Stratejik: Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan, Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Patton dalam Lexy J Meleong, 1999,Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Remaja Posdakarya.
Purwanto, Ngalim, 1986, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktikum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Roucek, Joseph S, Roland L. Warren, 1984, Pengantar Sosiologi, Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.
Rukminto, Isbandi, 1994, Psikologi, Pekerjaan Sosial dan ilmu Kesejahteraan Sosial, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Shadily, Hassan, 1980, Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia, Jakarta: PT. Pembangunan.
Soekanto, Soerjono, 2002, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Soekanto, Soerjono, 2006, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sudirman, 1992, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suswarina Andri, Aswari, 2007, Skripsi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan kerajinan Tangan Eceng Gondok‘Iyan Handicraft, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Syamsuddin, 1989, Pendidikan dan Masyarakat, Yogyakarta: PT. Bina Usaha.
Wahyu, 1986, Wawasan Ilmu Sosial Dasar, Surabaya: Usaha Nasional.
Zubaedi, 2014, Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktik, Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v7i1.5610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Mia Purnama Sari, Fahrul Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.