Relasi Aktor Dalam Program Literasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Radhwa di Desa Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang

Muhammad Raihan, Agus Riyadi, Kasmuri Kasmuri

Abstract


Kemampuan literasi menjadi landasan strategis dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis relasi antar aktor dalam pengelolaan dan pengembangan program literasi di TBM Radhwa, Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang, 2) untuk menganalisa efektivitas relasi antaraktor tbm radhwa terhadap keberlanjutan program literasi di Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber, teknik, dan waktu guna menguji kredibilitas data yang telah dikumpulkan. Dalam penelitian ini Terdapat tiga orang informan yang terlibat. Hasil penelitian menjukkan; 1) relasi antar aktor dalam pengelolaan dan pengembangan program literasi di TBM Radhwa, Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang (1) kolaborasi strategis antara TBM dengan institusi pendidikan, (2) peran pendukung pemerintah desa dalam penyediaan sarana, dan (3) keterlibatan langsung warga dalam proses pengambilan keputusan. 2) efektivitas relasi antaraktor TBM Radhwa terhadap keberlanjutan program literasi di Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang adalah; guna menciptakan efektivitas literasi yang berkelanjutan program literasi di Taman Baca Masyarakat (TBM) Radhwa diwujudkan melalui kolaborasi multipihak. Pengelola TBM berperan sebagai aktor utama dengan menyediakan bahan bacaan dan membangun kemitraan dengan komunitas serta pemerintah. Relawan berfungsi sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan, pelatihan keterampilan dasar, dan mendorong partisipasi masyarakat melalui kegiatan kreatif. Dukungan pemerintah dan lembaga pendidikan tercermin dari integrasi program literasi ke dalam kurikulum nonformal dan sosialisasi gerakan literasi. Melalui kolaborasi yang solid, TBM Radhwa tidak hanya menjadi ruang baca, tetapi juga pusat pemberdayaan masyarakat berbasis literasi dengan dampak jangka panjang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pola kolaborasi ini tidak sekadar mendongkrak minat baca, melainkan juga menjadi media peningkatan kapasitas masyarakat melalui berbagai kegiatan edukatif yang berakar pada nilai-nilai lokal.


Keywords


Relasi Aktor; Program Literasi; Taman Baca Masyarakat

References


Agustiani, D. H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Matahari Indonesia Kediri. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 23(1). https://doi.org/10.7454/jipk.v23i1.005

Agustino, H. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gerakan Literasi di Taman Baca Masyarakat Pondok Sinau Lentera Anak Nusantara. Jurnal Sosial Politik, 5(1), 142. https://doi.org/10.22219/sospol.v5i1.7890

Azhar, I. S., Hastuti, T., & Rochimah, N. (2024). Social Marketing Strategy of TBM Rumah Kreatif Sahabat Nusantara to Increase Reading Literacy Interest on Pulau Ende in 2022–2024. Jurnal Audiens. https://doi.org/10.18196/jas.v5i4.545

Durkheim, E. (n.d.). The Division of Labor in Society.

Ir. Hendra Hamid, M. S. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. In De La Macca (Vol. 1, Issue 1).

Iswadi, J., Yulianto, Y., Mukmin, H., & Budiwiranto, B. (2023). Collaboration And Innovation Of Development Actors In Environment-Based Community Empowerment In The Concept Of Natural Tourism. Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity, 1(1), 1498–1509.

L. Hardi. (2022). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kampung Aksara Indonesia Terhadap Kegiatan Literasi Membaca Masyarakat Kota Tanggerang (Issue 15018).

Lusiana, E., Yanto, A., & Cms, S. (2023). Peran Taman Bacaan Masyarakat berbasis inklusi sosial dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bandung. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. https://doi.org/10.22146/bip.v19i1.1373

L. Hardi. (2022). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kampung Aksara Indonesia Terhadap Kegiatan Literasi Membaca Masyarakat Kota Tanggerang (Issue 15018).

Lusiana, E., Yanto, A., & Cms, S. (2023). Peran Taman Bacaan Masyarakat berbasis inklusi sosial dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bandung. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. https://doi.org/10.22146/bip.v19i1.1373

Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Mufti, M. M. A., Anita, A., & Afiati, E. (2022). Peran TBM Bilik Urang Dalam Pembelajaran Literasi Dasar Anak Pra Sekolah. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i1.9839

Nasution, A., & Monika, W. (2024). Optimizing Community Reading Parks “Hikari Library” through the Implementation of a Library Management System. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement. https://doi.org/10.57152/consen.v4i1.1221

Nihayah, U. (2022). Literacy Culture Assistance on Children Through Rumah Belajar Ilalang in Tahunan, Jepara. Prosperity: Journal of Society and Empowerment. https://doi.org/10.21580/prosperity.2022.2.1.10616

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.

Novrita, J., Elizarni, Oktavia, R., & Sari, T. Y. (2025). Making ‘Taman Baca’ Sustainable”, lessons learned from community-based non-formal education in Aceh, Indonesia. International Journal of Educational Development. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2024.103186

Nuraini, A. I., Shabah, M. A. A., & Rahmawati, R. (2024). Implementasi Rumah Taman Baca dalam Meningkatkan Budaya Literasi di Desa Cilangkara. An-Nizam. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i2.9349

Prihandini, F. D. (2017). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sarana Edukasi Anak (Studi pada Taman Baca Mojokerto Membaca). http://repository.ub.ac.id/6785/

Rifanto, D., Hufad, A., & Hasanah, V. (2024). Exploring community reading park’s role in Sorong City. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. https://doi.org/10.24198/jkip.v12i1.48333

Robiansyah, A., Zubir, E., Sukatmi, S., Riady, Y., Kharis, S., Permatasari, S. M., & Arisanty, M. (2022). Meningkatkan literasi membaca bangsa melalui pembuatan taman bacaan masyarakat di Kampung Pesisir. GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.56724/gendis.v1i1.152

Ruslan, R. (2020). Membangun Literasi Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat: Eksplorasi Pengalaman Community Engagement Program di Cot Lamme – Aceh Besar. Jurnal Adabiya, 19(2), 155. https://doi.org/10.22373/adabiya.v19i2.7514

Saefulrahman, I., Nuryanto, Y., & Rudiana, R. (2023). Model Quadruple Helix Dalam Pengelolaan Pusat Baca Masyarakat Sebagai Sarana Belajar Anak. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9450

Salih Alhemairy, Z. H. (2022). The influence of innovation practices on human capital development: the mediation role of innovation management. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Setyaningsih, W., & Kharismawati, M. (2020). The Existence of The Reading Community and Its Effect in Improving Human Resources Quality. KnE Social Sciences, 470. https://doi.org/10.18502/kss.v4i12.7620

Widjajanti, K. (2011). Jurnal Ekonomi Pembangunan Model pemberdayaan masyarakat. 12.

Yuafi, H., Mulyadi, D., & Listiani, T. (2021). Model Implementasi Kebijakan Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Media Administrasi Terapan. https://doi.org/10.31113/jmat.v2i1.6

Yuliyanto, Y., & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM): Studi Kasus di Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Anuva, 3(4), 377–386. https://doi.org/10.14710/anuva.3.4.377-386




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v13i1.24179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Raihan, Agus Riyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.