Instagram dan Prokrastinasi Akademik Bagi Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19

Edy Prihantoro, Susilowati Dyah K, Noviawan Rasyid Ohorella

Abstract


Abstrak

Prokrastinasi menjadi suatu fenomena baru di kalangan mahasiswa. Munculnya berbagai platform media sosial yang mudah diakses mempengaruhi mereka untuk menunda pekerjaan atau tugas utama mereka untuk kuliah dan mengerjakan tugas. Mereka sengaja melakukan prokrastinasi untuk sekedar melihat media sosial atau mengalihkan perhatiannya untuk berbagi cerita dengan mahasiswa lainnya. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Prokrastinasi semakin rentan terjadi pada mahasiswa yang sedang mencari jati diri dan kejenuhan belajar pada saat PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) sebagai akibat pandemic covid 19. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dimana peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 6 informan yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Uses and Gratification, sedangkan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Instagram adalah salah satu media yang menjadi pilihan mashasiswa dan berperan besar dalam timbulnya prokrastinasi akademik. Berbagai fitur yang menarik pada Instagram, kemudahan untuk mengakses Instagram, dan Kejenuhan mahasiswa saat PJJ sebagai dampak Pandemi Covid19, menjadi alasan yang paling kuat sehingga mendorong mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik.


Abstract

Procrastination is a new phenomenon among students. The emergence of various easily accessible social media platforms influences them to postpone their work or main tasks for college and doing assignments. They deliberately procrastinate to just look at social media or divert their attention to share stories with other students. This study was to determine the effect of Instagram social media on student academic procrastination. Procrastination is increasingly prone to occur in students who are looking for identity and learning boredom during PJJ (Distance Education) as a result of the covid 19 pandemic. The method used by the researcher is descriptive qualitative where the researcher conducts observations, interviews, and documentation of 6 selected informants. based on several criteria. The theory used in this research is Uses and Gratification Theory, while the paradigm used in this research is the constructivist paradigm. The results of this study indicate that Instagram is one of the media of choice for students and plays a major role in the emergence of academic procrastination. Various interesting features on Instagram, the ease of accessing Instagram, and student boredom during PJJ as a result of the Covid19 Pandemic, are the strongest reasons that encourage students to do academic procrastination.


Keywords


Prokrastinasi Akademik, Instagram, Pandemi Covid19.

Full Text:

PDF

References


Arumsari Dwi, A. Dan Sugito Muzaqi. Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Bekerja.

Hervani Gilar, S. (2013). Penggunaan Sosial Media dan Dampak Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2013.

Jocom, N. (2013). Peran Smartphne dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi). Journal “Acta Diurna” Vol.I.No.I

Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi dan Komunikasi Untuk Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Vol.2 No.1

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. 8 (1), 45-52.

Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos:Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya. 4(1)(2018):53-67

Nalim. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Prihandika, D. (2017). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Prokrastinasi Dalam Penyusunan Skripsi Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakata.

Pychyl, T. A., & Flett, G. L. (2012). Procrastination and self-regulatory failure: An introduction to the special

issue. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy, 30, 203–2012.

Ratnamulyani Atikah, I. Dan Beddy Iriawan Maksudi. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora.Vol.20 No.2:154-161.

Saraswati,P. (2017). Strategi Self Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Ilmiah. DOAJ:2541-2965

Setiawan Rudy, (2013). Kekuatan New Media Dalam Membentuk Budaya Populer di Indonesia (Studi Tentang Menjadi Artis Dadakan Dalam Mengunggah Video Musik Di Youtube) e.Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2):355-374.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi

Siregar, Ade Rahmawati. (2006). Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau Dari Pola Asuh. Diakses dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/733 4, pada tanggal 5 Juni 2011.

Siallagan, DF. (2011). “Fungsi dan Peranan Mahasiswa”, www.academia.edu, diakses pada 30 April 2019

Zakirah Almas Marta, D. (2017). Study Tentang Instagram Sebagai Saran Membentuk Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga. Jurnal S1 Sosiologi Fisip Universitas Airlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v5i2.9672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index