STRATEGI KOMUNIKASI KESEHATAN BAGI TINGKAT KEPATUHAN PASIEN INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP PROF. KANDOU MANADO

Felicia Febrina Aotama, Apriles Apnimus Mandome

Abstract


Abstrak

Kepatuhan seorang pasien sangat berperan besar dalam proses kesembuhan. Namun demikian dalam kenyataannya, tingkat kepatuhan pasien justru sangat kurang atau rendah. Tentu saja hal ini menjadi persoalan serius bagi penanganan pasien tersebut. Fenomena rendahnya tingkat kepatuhan pasien juga terjadi di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Kandou Manado, khususnya pada Instalasi Rehabilitasi Medik sebagai salah satu bagian yang ada di RSUP Prof. Kandou Manado. Tingkat kepatuhan pasien yang rendah tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang dianggap menjadi penyebab rendahnya tingkat kepatuhan pasien adalah kurangnya pemahaman atau pengetahuan pasien terhadap isu-isu kesehatan yang dihadapinya. Hal ini didorong oleh kurang informasi yang diberikan kepadanya. Karena itu, pemberian informasi melalui komunikasi kesehatan merupakan salah satu solusi yang penting menghadapi fenomena rendahnya tingkat kepatuhan pasien. Oleh karena itu penelitian ini mencoba mengkaji dan menganalisa strategi komunikasi kesehatan bagi tingkat kepatuhan pasien Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Prof. Kandou Manado. Untuk mencapai tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumenter. Data yang didapat kemudian diolah melalui teknik analisis data yang dibagi dalam tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk lebih meyakinkan hasil dari penelitian ini, maka data yang telah didapat juga akan diverifikasi melalui tiga tahap, yakni triangulasi, member checking dan expert opinion sehingga simpulan dari hasil penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan tingkat kepatuhan pasien di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Prof. Kandou.

 

Abstract

A patient's compliance plays a big role in healing process. However, in reality, the level of patient adherence is actually very poor or low. Of course this is a serious problem in patients' handling process. the phenomenon of low patient adherence also occurs at Prof. Kandou General Hospital, especially in Medical Rehabilitation Installation.The low level of patient adherence is of course influenced by many factors. One of the factors that is considered to be the cause of the low level of patient adherence is patients' lack of understanding or knowledge on the health issues they face. This is driven by the lack of information that is given to them. Therefore, providing information through health communication is an important solution in dealing with the phenomenon of low patient adherence. Therefore, this study tried to analyze the health communication strategies for improve the level of patient adherence in the Medical Rehabilitation Installation at Prof. Kandou General Hospital.To achieve the research objectives, a qualitative descriptive method had been chosen. Data were collected through observation, interviews and documentary studies. The data obtained is then processed through data analysis techniques which are divided into three stages, which are data reduction, data presentation and conclusion drawing. To be more convincing about the results of this study, the data that had been obtained was verified through three stages, namely triangulation, member checking and expert opinion so that the conclusions from the results of this study can be scientifically accounted for and can contribute to increase the level of patient adherence in the Medical Rehabilitation Installation at Prof. Kandou General Hospital.


Keywords


Kepatuhan, pasien, Rehabilitasi medik, komunikasi kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B., 2010. Penelitian Kualitatif. 1 ed. Jakarta: Kencana.

Creswell, J. W., 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 378/Menkes/SK/IV/2008 tentang Pedoman Pelayanan

Rehabilitasi Medik Di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik

Indonesia.

Kristianingrum, Yetti dkk. 2011. Dukungan Keluarga dan Kepatuhan Minum Obat Pada

Orang dengan Diabetes Mellitus. Psycho Idea.Tahun 9, No.2.

Kozier. Erb, Berman. Snyder. 2010. Buku Ajar Fondamental Keperawatan: Konsep, Proses

& Praktik, Volume : 1, Edisi : 7. Jakarta:EGC.

Liliweri, Alo. 2008. Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka pelajar

National Center for Health Statistics.Healthy People 2010 Final Review.Hyattsville,

MD.2012.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/MENKES/PER/III/2010

tentang kalsifikasi Rumah Sakit. Jakarta: kementarian Kesehatan Republik Indonesia.

Pratita, Nurina D. Hubungan Dukungan Pasangan dan Health Locus Of Control dengan

Kepatuhan dalam Menjalani Proses Pengobatan pada Penderita Diabetes Mellitus

Tipe-2. Surabaya: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2012.

Rahmadiana, M., 2012. Komunikasi Kesehatan: Sebuah Tinjauan. Jurnal Psikogenesi. Vol.

, No. 1/Desember 2012.

Rencana Strategis Bisnis Tahun 2015 – 2019 Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Kandou

Manado, Revisi III. 2015. Manado: RSUP Prof. Kandou.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.8406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Felicia Febrina Aotama, Apriles Apnimus Mandome

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index