Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag)

Iga Mauliga Mulitawati, Maya Retnasary

Abstract


Instagram media sosial adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin berbagi informasi dan tempat untuk menjalin pertemanan baru dan berinteraksi secara online. Karena itu, hari ini banyak akun Instagram media sosial hadir menggunakan citra merek sebagai bisnis akun karena keberhasilan Instagram untuk mempromosikan produk dan layanan. Di tengah banyak pesaing lain yang sama, Polycrol @ahlinyaobatmaag dikelola untuk membangun citra merek sebagai akun bisnis yang dibuktikan dengan peningkatan pengikut dan klien. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram Polycrol @ahlinyaobatmaag dalam membangun citra merek serta faktor pendukung dan penghambat komunikasi pemasaran, apa strategi untuk membangun citra merek Instagram media sosial Polycrol @ahlinyaobatmaag. Penelitian ini diadakan di PT. Anugrah Nityasa Adika yang berkantor di Jalan. Selemba Tengah No. 51, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440. Hasil penelitian menunjukan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui sosial media Instagram Polycrol @ahlinyaobatmaag untuk membangun citra merek adalah melalui iklan, penjualan promosi, penjualan pribadi, pubilitas, dan pemasaran langsung. Hubungan yang baik dengan klien dan jaringan yang baik dengan akun bisnis lainnya merupakan faktor pendukung. Faktor penghambat strategi komunikasi pemasaran dalam membangun citra merek adalah kurangnya pendidikan tentang pemasaran media sosial, kurangnya sumber daya manusia, dan anggaran yang terbatas.


Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran, Media sosial, Citra merek

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif: Dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya.

Baker, M. J., & Cameron, E. (2008). Critical success factors in destination marketing. Tourism and Hospitality Research, 8(2), 79–97.

Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi Massa. Jakarta: PT.” Raja Grafindo Persada.

Ferrinadewi, E., & Darmawan, D. (2004). Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Fill, C. (1999). Marketing communications: contexts, contents and strategies. Pearson PTR.

James, A. F., & Stoner, R. (1995). Edward Freeman, Daniel R. Gilbert Jr.: Management by Prentice Hall.

Kotler, P., & Scheff, J. (1997). Standing room only: Strategies for marketing the performing arts. Harvard Business School Press.

Margono, S. S., Subahar, R., Hamid, A., Wandra, T., Sudewi, S. S. R., Sutisna, P., & Ito, A. (2001). Cysticercosis in Indonesia: epidemiological aspects. Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health, 32, 79–84.

McKay, C. M., Bell-Ellison, B. A., Wallace, K., & Ferron, J. M. (2007). A multilevel study of the associations between economic and social context, stage of adolescence, and physical activity and body mass index. Pediatrics, 119(Supplement 1), S84–S91.

McQuail, D., Golding, P., & De Bens, E. (2005). Communication theory and research. Sage.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, M. (2005). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta. Prenada Media.

Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran: strategi dan taktik. Bogor: Ghalia Indonesia, 82–87.

Ratri, L. E. (2007). Hubungan Antara Citra Merek Operator Seluler dengan Loyalitas Merek pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Semarang. Universitas Diponegoro.

Rizky, N.G, (2018). Lomba foto, uncategorized, dalam: https://www.serbakuis.com/polycrol-photo-competition-berhadiah-smartphone-action-cam-dan-voucher-belanja/"

Saladin, D. (2001). Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation and Control. Publisher: Lindakarya, Bandung.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sundén, J. (2003). Material virtualities: Approaching online textual embodiment. Peter Lang.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index