Telisik Mobilisasi Massa di Bidang Ekonomi dan Sosial Politik pada Network Society

Fadlan Ananda Lubis

Abstract


Banyak gerakan yang dimobalisasi bermula dari kampanye dari internet di era network society saat ini. Mobilisasi tersebut sukses menjaring massa, ribuan bahkan puluhan ribu orang. Bermula dari trending topic di berbagai situs ataupun media sosial dan tampaknya memberikan pengaruh signifikan di dunia nyata. Penulis ingin menjabarkan bagaimana sebenarnya mobilisasi dilakukan di dunia maya dan apakah dampaknya besar di dunia nyata. Tulisan ini mencoba melihat internet sebagai cara untuk memobilisasi massa, yaitu bidang sosial politik maupun bidang ekonomi. Kemudian dua bidang tersebut, dihubungkan dengan fenomena kampanye partai politik dalam memobilisasi massa. Ternyata aspek-aspek kelas sosial dan pendidikan sangat berpengaruh dalam mobilisasi massa ini. Salah satunya adalah diaplikasikannya tatanan dan  kelas sosial di dunia maya sehingga akses terbesar tetap dimiliki oleh kelas tertentu. Selain itu, minimnya peran pemerintah juga menjadi penghambat terbesar utuk  mewujudkan  perubahan seperti yang dikampanyekan di  dunia maya. Hal ini menunjukkan bahwa gerakan dunia maya juga masih terikat pada tatanan dunia nyata  dengan berbagai aturannya.


Keywords


mobilisasi, kampanye online, network Society

Full Text:

PDF

References


Dwina, Ressi. (2013). Mobilisasi Massa dalam Era Netwoork Society. Vol. 16. No.3. Jurnal Pekommas: Fisipol UGM.

Herawati, Erni. (2011). Komunikasi dalam Era Teknologi Komunikasi Informasi. Vol. 2. No.1. Jurnal Humaniora: Universitas Bina Nusantara.

Littlejohn, S. W., & Karen, A. F. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. Vol. 1. California: Sage Publications.

Van Dijk. Jan A.G.M. (2006). The Network Society. Social Aspects of New Media. London: SAGE .Publication.

Verba, S., Schlozman, K. L, & Brady, H. E. (2002). Voice and Equality: Civic Voluntarism in American Politics. United States: President and Fellows of Harvard College.

West, R., & Turner, R. H. (2008). Pengantar teori komunikasi, analisis dan aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Eventrite.com .(2018). https://www.eventbrite.com/e/open-trip-karimunjawa-1-3-juni-2018-tickets-42494749941. Diakses pada 28 Mei 2018. Pukul 22:00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i2.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index