KETERAMPILAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS V BAHASA INDONESIA DI MIS KESUMA ELKAEMDE NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan pembelajaran hasil siswa degan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan deskripsi bahan tulis esai di kelas V MIS Kesuma Elkaemde Kec. Namorambe Tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan uraian dan deskripsi bahan esai yang dilakukan adalah observasi dan deskripsi penulisan esai. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan model Pembelajaran Kontekstual dan Bahasa Indonesia dengan deskripsi bahan tulis esai di kelas V MIS Kesuma Elkaemde Kabupaten Namorambe tahun 2016/2017, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran termasuk dalam kategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi (dkk). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2015
Aqib, Zainal dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV. Yrama widya. 2010
Dalman, H. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014
Hamdayama, Jumata. Metodologi Pengajaran.Jakarta:PT Bumi Aksara. 2016
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014
Istarani. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. 2012
Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. 2012
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kata Pena. 2014
Muslich, Masnur. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara. 2016
Rusman. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2013
Sahertian, A Piet. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010
Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo. 2014
Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014
Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Taristo. 2013
Sumantri, Mohamad Syarif. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers. 2015
Susanto, Ahmad. Teori Belajar Pemebelajarn di Sekolah Dasar. Jakarta:
Prenadamedia Group. 2016
Tantawi, Isma. Bahasa Indonesia Akademik. Bandung: Citapustaka Media. 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v1i2.5463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Eka Oksani Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index