STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PELAJARAN IPA SDN NOMOR 14 SIMBOLON PURBA)
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Rangka Manusia dan fungsinya di kelas IV SDN No 14 Simbolon Purba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN No 14 Simbolon Purba Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2017. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi.
Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada guru siklus I dengan persentase 60% dengan kategori cukup dan hasil observasi aktivitas pelaksanaan pembelajaran pada siswa dengan nilai 58% dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebanyak 12 orang siswa persentase (60%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang siswa persentase (40%). Pada siklus II hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada guru dengan persentase 80% dengan kategori baik dan observasi aktivitas pembelajaran pada siswa dengan persentase 80% dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebanyak 18 orang siswa dengan persentase (90%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa dengan persentase (10%).
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan Media Pembelajaran pada pelajaran IPA materi Rangka manusia dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN No 14 Simbolon Purba Tahun Ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.
Arsyad, Azhar.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Jihad Asep dan Haris Abdul, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.
Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian, Piet.A. 2013. Konsep dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Simamora, Riana. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media PembelajaranPada siswa Kelas IV SD Dharma wanita Pertiwi Medan. Medan: Skripsi
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Media PembelajaranDalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV Alfabeta.
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 rinci simbolon simbolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index