STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (PELAJARAN IPA SDN NOMOR 14 SIMBOLON PURBA)

rinci simbolon simbolon

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Rangka Manusia dan fungsinya di kelas IV SDN No 14 Simbolon Purba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN No 14 Simbolon Purba Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2017. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi.

Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada guru siklus I dengan persentase 60% dengan kategori cukup dan hasil observasi aktivitas pelaksanaan pembelajaran pada siswa dengan nilai 58% dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebanyak 12 orang siswa persentase (60%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang siswa persentase (40%). Pada siklus II hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada guru dengan persentase 80% dengan kategori baik dan observasi aktivitas pembelajaran pada siswa dengan persentase 80% dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II  sebanyak 18 orang siswa  dengan persentase (90%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang  siswa dengan persentase (10%).

Berdasarkan hasil analisis dapat  disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar  menggunakan Media Pembelajaran pada pelajaran IPA materi Rangka manusia dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN No 14 Simbolon Purba Tahun Ajaran 2017/2018.


Keywords


Hasil Belajar; Alat peraga

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Arsyad, Azhar.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Jihad Asep dan Haris Abdul, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet.A. 2013. Konsep dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Simamora, Riana. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media PembelajaranPada siswa Kelas IV SD Dharma wanita Pertiwi Medan. Medan: Skripsi

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Media PembelajaranDalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV Alfabeta.

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 rinci simbolon simbolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index