KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI KELAS X SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Model Pembelajaran Problem Posing (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan linier. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Medan Jl Bersama No. 268A Medan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IS 2 yang berjumlah 46 orang dan yang menjadi objek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 12,19% atau sebanyak 12 siswa yang memperoleh nilai dengan rata-rata 63,37. Sedangkan pada siklus II menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95,65% atau sebanyak 46 siswa yang memperoleh nilai dengan rata-rata 85,65. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 69,56%. Dan juga diperoleh peningkatan keaktifan siswa pada hasil observasi siklus I menunjukkan bahwa aktivitas siswa sebesar 2,55 sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa aktivitas siswa sebesar 3,67. Hal ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 1,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan aktivitas siswa di kelas X SMA Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Full Text:
PDFReferences
Ansari, Bansu. (2009). Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena
Aqib, Zainal, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kanginan, Marthen. (2016). Matematika Untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Bandung : Srikandi Empat Widya Utama.
Muhibbinsyah. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosmadakarya.
Rahmadani, Desy. (2010). Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing di Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2010/2011. UMSU : Skripsi.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Sudjana, Nana. (2002). Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Sugiyono.( 2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Masmedia Buana Pustaka.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Siti Zahara Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index