Peran Humas Dalam Pengelolaan Media Sosial Instagram @Chocodot.Official Pada Pt Tama Cokelat Indonesia Untuk Meningkatkan Citra Perusahaan

Hannisa Fauzia, Norma Putri Sejati, Fahyumi Fadhilah, Resty Mustika Pratiwi

Abstract


Abstrak

 

Media sosial kini menjadi sarana strategis dalam membangun dan memperkuat citra perusahaan. Salah satu perusahaan lokal yang memanfaatkan media sosial secara aktif adalah PT Tama Cokelat Indonesia melalui akun Instagram @Chocodot.Official. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran humas dalam pengelolaan media sosial Instagram untuk meningkatkan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori sistem dari komunikasi organisasi yang terdiri atas tiga dimensi: enactment, selection, dan retention. Teori ini memandang organisasi sebagai sistem terbuka yang terus berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam kepada lima informan, terdiri dari dua narasumber internal (manajer humas dan admin Instagram) serta tiga informan eksternal (pengikut aktif akun Instagram Chocodot). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas dalam enactment dilakukan dengan memantau dan menafsirkan respons publik secara aktif; dalam selection, dilakukan pemilihan konten secara kolaboratif dan berbasis data; serta dalam retention, dilakukan dokumentasi performa dan replikasi strategi yang berhasil. Penelitian ini sejalan dengan studi sebelumnya tentang komunikasi strategis berbasis digital, dan menguatkan bahwa teori sistem mampu menjelaskan proses komunikasi organisasi di ranah media sosial. Kesimpulannya, pengelolaan media sosial secara sistemik oleh humas mampu meningkatkan keterlibatan publik sekaligus memperkuat citra perusahaan. Temuan ini menegaskan pentingnya peran humas sebagai pengelola sistem komunikasi digital yang adaptif dan berkelanjutan dalam organisasi modern.

 

Kata kunci: Citra Perusahaan; Humas; Instagram; Media Sosial; PT Tama Cokelat Indonesia


Keywords


Citra Perusahaan; Humas; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Aprilliyani, E., Hafiar, H., & Budiana, H. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Chocodot_Catalogue Oleh Pt Tama Cokelat Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 66–79. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.2

Budiana, M. A., Jamalullail, J., & Ronda, M. (2025). Pengaruh Media Komunikasi Internet, Komunikasi Interpersonal, Inovasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan: Studi Komunikasi Organisasi di Terminal Petikemas Koja. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(2), 1194–1217. https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i2.4061

Dari, S. W., & Fitriyadi, M. (2025). Pengelolaan Media Sosial Facebook dan Instagram sebagai Media Promosi di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Pekanbaru. 9, 1329–1337.

Handayani, D. S. (2024). Peranan Komunikasi Dalam Sistem Sosial : Analisis Teori Niklas Lukman. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(2), 417–423. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1682

Kartini, Pratama, A. A., Hasibuan, D. A., Nasution, K. R. S., Mujahid, N. S. Al, Shila, N. F., & Hasibuan, Z. L. S. (2024). Teori Komunikasi Organisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3151–3158.

Naningsih, D., & Ekowati, S. (2022). Peran Humas Dalam Meningkatan Citra muslimahdaily.com Melalui Media Sosial Instagram (Studi Fenomenologi Pada Akun Instagram@Muslimahdailycom). Universitas Persada Indonesia Y.A.I, XXVII(2), 122–129.

Nurhakim, M. A., & Fuad, A. (2024). Aktivitas Online Public Relations melalui Pengelolaan Media Sosial Instagram @RSU_Harkel. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 8(2), 141–162. https://doi.org/10.15575/reputation.v8i2.34760

Penelitian, J. (2022). All Fields of Science J-LAS. 2(4), 88–92.

Roskiana, S., & Haris, I. (2020). Komunikasi dalam organisasi (Teori dan Aplikasi). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: Vols. i–viii.

Sari, M., Chandra, J., & Machfud, M. (2025). Pengaruh Media Sosial terhadap Komunikasi Organisasi : Studi Kasus pada Manajemen Krisis. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(1), 660–669. https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.6972

Shahra, A. N., Safe’i, A. A., Cholidah, L. I., & Djati, G. (2021). Pengelolaan Digital Public Relations Pada Media Sosial Instagram @Halobandung. Jurnal Hubungan Masyarakat, 6(September), 21–38.

Siregar, T. R. (2021). Konsep Dasar Komunikasi. In Komunikasi Organisasi.

Social, we are. (2024). we are social.

Tania, S. (2020). Mediated relationship: menakar hubungan organisasi-publik dalam akun Instagram resmi perusahaan telekomunikasi. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(1), 121. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.24703

Werdani, J. B. A., & Ali, A. (2023). Pengelolaan Konten Instagram Humas Purbalingga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 19079–19096. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9404%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/9404/7666

Widyanigrum, L. P., Putri, I. P., & Melano, F. L. (2023). Peran Humas dalam Pengelolaan Konten Harian Instagram @infobsdtol di PT Bintaro Serpong Damai. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.35326/medialog.v6i2.3260




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v9i1.25387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hannisa Fauzia, Norma Putri Sejati, Fahyumi Fadhilah, Resty Mustika Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index