Dinamika Dakwah Masyarakat Perkotaan: Mengungkap Pesan Keimanan dalam Novel “Faith and The City” Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Fadilla Arfa Reyza, Agus Riyadi, Ali Murthado

Abstract


Abstrak

Dakwah tertulis melalui media novel merupakan salah satu media yang efektif digunakan dalam berdakwah. Banyaknya pecinta novel di Indonesia menjadi peluang bagi para penulis novel Indonesia untuk memanfaatkan novel sebagai media dakwah. Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra merupakan penulis yang telah menerbitkan beberapa novel bertema dakwah. Salah satu karyanya adalah novel berjudul Faith dan The City. Beberapa pembaca novel Faith and The City memiliki pandangan yang berbeda, ada yang menilai dominasi pesan yang terkandung dalam novel tersebut banyak mengandung pesan yang aqidah, namun ada pula yang menilai bahwa pesan yang dimuat lebih dominan adalah pesan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah dominan yang terkandung dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan yang dominan adalah pesan akidah dengan persentase 43,26%, akhlak dengan persentase 41,84%, dan syariah dengan persentase 14,90%.

 

Abstract

Written da'wah through novel media is one of the effective media used in da'wah. The large number of novel lovers in Indonesia has become an opportunity for Indonesian novel writers to use novels as a medium for da'wah. Hanum Salsabiela Rais and Rangga Almahendra have published several novels with a da'wah theme. One of their works is a novel entitled Faith and The City. There are different views from reviewers, some of whom think that the messages published contain many aqidah messages, but others are those who think that the messages that are primarily published are sharia messages. This research aims to determine the dominant da'wah message contained in the novel. This research uses quantitative research with content analysis methods. The research results show the dominant message is the message of faith, with a percentage of 43.26%, morals with 41.84%, and sharia with 14.90%.



Keywords


Pesan; Dakwah; Novel

Full Text:

PDF

References


Agnes, Tia. “Novel Hanum Rais 'Faith and the City' Masuk Daftar Buku Terlaris” September 26, 2017. https://hot.detik.com/art/3120561/novel-Hanum-rais-faith-and-the-city-masuk-daftar-buku-terlaris

Almahendra, Rangga "goodreads Rangga Almahendra page" Desember 27, 2017. https://www.goodreads.com/book/show/28104735-faith-and-the-city

Amin, Samsul Munir. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah, 2009.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro. 2005.

Eriyanto. Analisis isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Prenada Media, 2011.

Hanum Rangga, Faith and the City, Jakarta, PT Gramedia pustaka utama, 2015.

Kusnawan, Aep. Teknik Menulisi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.

Mustika, Dewi, Nilai-Nilai Moral dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa (Skripsi-Universitas Islam Nahdatul ulama, Jepara, 2016

Nazir, Moh. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rais, Hanum salsabiela "goodreads Hanum Salsabiela Rais page" Desember 27, 2017. https://www.goodreads.com/book/show/28104735-faith-and-the-city

Santria, M. Reza “Proses Kreatif Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra Dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa” (Skripsi-Universitas Sebelas Maret, Surakarta 2015)

Sugiyono, Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: ALFABETA,2016.

Tim penyusun MKD IAIN Sunan Ampel Surabaya, Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2011.

Zaini, Ahmad, Nilai - nilai dakwah dalam novel "Bumi Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy", At Tabsyir Jurnal komunikasi Penyiaran IAIN Kudus, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v8i1.20094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index