Pengaruh Roleplay di Media Sosial Terhadap Perkembangan Kepribadian Remaja

Hafna Azkia Nur Azkia, Revalina Putri Herwanto, Alvina Anindyta Putri

Abstract


Abstrak

Perkembangan kepribadian remaja di Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan, sehingga hal ini menjadi masalah yang cukup serius dan perlu diperhatikan. Salah satu penyebab adanya penurunan perkembangan ini disebabkan oleh dampak negatif yang ditimbulkan dari permainan Roleplay di media sosial saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh Roleplay bagi perkembangan kepribadian remaja serta solusi dari dampak permainan Roleplay. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Roleplay memiliki pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan kepribadian remaja dan solusi yang dapat kami berikan adalah perlunya edukasi orang tua kepada anak mengenai dampak yang akan ditimbulkan jika tidak menggunakan sosial media dengan bijak.

 

Abstract

The development of adolescent personality in Indonesia has decreased significantly, so this is a serious problem that needs attention. One of the causes of this decline in development is caused by the negative impact of Roleplaying games on social media today. The purpose of this study is to analyze the influence of roleplay on adolescent personality development as well as solutions to the impact of roleplay games. The method used is qualitative. The data collection technique is in-depth interviews. The results of this study indicate that Roleplay has a considerable influence on the development of adolescent personality and the solution we can provide is the need for parental education to children about the impact that will be caused if they do not use social media wisely


Keywords


Kepribadian remaja; Media sosial; Roleplay

Full Text:

PDF

References


Affandi, H. P. (2015). Representasi Diri dan Identitas Virtual Pelaku Roleplay dalam Dunia Maya (‘Permainan Peran’ Hallyu Star Idol K-Pop dengan Media Twitter). Pradigma, 1-12.

Ayub, M. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, Vol. 7 No.1.

Cahyono, A. S. (2017). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. 140-157.

Chandra Dwi Prabowo, e. a. (2022). Sosialisasi dan Edukasi dalam Penggunaan Media Sosial. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika Vol 3 No 2, 318 – 320.

Florentia Christina Monica, A. J. (2021). Aktivitas RolePlay (RP) Thailand Idol dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Kehidupan Baru di Dunia Maya. Koneksi Vol 5 No 2, 320-328.

Gantina, G. G. (2020). Fenomena Korean Roleplayer di Media Sosial Twitter. Bandung.

Hasanah, M. (2018). Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islam. Jurnal Ummul Qura Vol 11 No 1, 110-122.

Hatmi Prawita Achsa, M. A. ( 2015). Reprentasi Diri dan Identitas Virtual Pelaku Roleplay dalam Dunia Maya. Paradigma Vol 3 No 3, 1-12.

Hildawati. (2022). Roleplayer World: Identitas Roleplayer, Relasi dan Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 2, 119-147.

Iin Parlina, T. A. (2017). Motivasi dan Pola Interaksi Pengguna Role Play Twitter Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Vol 2 No 2, 198-211.

Ivy Mahrani Aulia, M. S. (2020). Pengelolaan Kesan Roleplayer K-pop Melalui Media Sosial Twitter (Studi Dramaturgi pada Akun Twitter Fandom di Kota Bandung) . Epigram Vol 17 No 1, 75-84.

Lainsyamputty, N. P. (2021). Konstruksi Identitas dan Relasi Interpersonal oleh Roleplayer Artis K-Pop di Twitter. Jurnal Komunikatif Vol 10 No 2, 197-213.

Laras Puspa Pratiwi, A. P. (2018). Motif Sosiogenesis Pasangan Roleplay dalam Media Sosial Twitter. Jurnal Manajemen Komunikasi Vol 2 No 2, 127-143.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Masnuna, e. a. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi 4 Macam Kepribadian Remaja Usia 16-18 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia Vol 02 No 02, 1-12.

Musdawati Nurfaidah, e. a. (n.d.). Korean Roleplay Di Media Sosial Twitter (Studi Fenomenologi Korean Role-Play Garut Di Media Sosial Twitter).

Nuraini, E. P. (2021). Peran Roleplay dalam Membentuk Identitas Virtual di Jejaring Sosial Line. Surakarta.

Nurhastuti, V. V. (2018). Permainan Roleplayer Di Media Sosial Twitter. Prosiding Manajemen Komunikasi, (pp. 21-27). Bandung.

Pratiwi, A. P. (2023). Identitas Virtual pada Roleplayer di Twitter. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Politik (KONASPOL) Vol 1, (pp. 215-227). Bandung.

Putri, N. R. (2022). Self Identity pada Roleplayer Pengguna Twitter. Yogyakarta.

Rahayu, A. A. (2021). Representasi Identitas Homoerotisme di Media Sosial (Studi Netnografi pada Yaoi Roleplay Via Media Sosial Line). 210-217.

Rahayu, D. T. (n.d.). Artikulasi Identitas Virtual Rroleplay dengan Karakter K-pop Idol Via Twitter. 1-12.

Ratnawula, T. (2018). Perkembangan dan Tahapan Penting dalam Perkembangan. Jurnal Edukasi Spesial Vol 4 No 1, 65-74.

Sumardjijati, M. F. (2023). Literasi Digital Remaja dalam Permainan Roleplay di Media Sosial Twitter. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6 No 6, 4064-4072.

Sumaryanti, V. H. (2022). Studi Deskriptif Self-Presentation pada Roleplayer di Twitter. Jurnal Riset Psikologi, 1-6.

Suranto, S. Y. (n.d.). Reproduksi Pesan Roleplayer K-Pop di Media Sosial Facebook (Studi Etnografi Virtual pada Akun Roleplayer Bangtan Sonyeondan). 28-42.

Syafii, M. (2022, December 4). Opini. Retrieved from umsu.ac.id: https://umsu.ac.id/metode-penelitian-kualitatif-adalah/ pada 27 November 2023.

Veny Febriyanti, e. a. (2022). Tingkat Kesejahteraan Psikologis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Big Five. Psycho Idea Vol 20 No 2, 141-152.

Zulkarnain, N. M. (2021). Keterbukaan Diri Pengguna Akun K-pop Roleplayer Twitter di Kota Medan. 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v8i1.18544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index