STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TANJUNGBALAI
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat di di Kota Tanjungbalai. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan narasumber berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi komunikasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Memberikan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat di Kota Tanjungbalai melalui beberapa tahapan yaitu 1) komunikator ASN sudah berjalan dengan baik sehingga komunikasi lebih terarah, 2) pesan yang disampaikan sudah baik dan dapat dipahami masyarakat, 3) media yang digunakan dalam menyampaikan informasi mulai dari papan tulis hingga media sosial, 4) komunikan yaitu masyarakat pada dengan tingkat pemahaman yang berbeda dan 5) dampak yang ditimbulkan yaitu adanya opini negatif dari masyarakat terhadap pelayanan publik. Dan penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan yang dihadapi yaitu 1) kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pengurusan surat-menyurat, 2) masyarakat sering lupa membawa data diri dalam proses penyelesaian administrasi dan 3) masyarakat tidak sabar dalam menunggu proses penyelesaian administrasi publik.
Abstract The purpose of this study is to explain and analyze the communication strategy implemented by the State Civil Apparatus (ASN) in providing public services to the people in Tanjungbalai City. The research method used in this research is a qualitative method. Data collection was carried out by interviewing 20 informants. Data analysis was carried out by means of reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that: the communication strategy for the State Civil Apparatus (ASN) in Providing Public Services to the Community in Tanjungbalai City went through several stages, namely 1) ASN communicators were running well so that communication was more focused, 2) the message conveyed was good and the public could understand , 3) the media used in conveying information ranging from blackboards to social media, 4) communicants, namely people at different levels of understanding and 5) the impact that is caused, namely the negative opinion of the community towards public services. And this research also found several obstacles, namely 1) lack of public knowledge regarding the management of correspondence, 2) people often forgot to bring their personal data in the process of completing administration and 3) people were impatient in waiting for the process of completing public administration.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya Wahyu Pratama, Muhammad Alif Listiansyah, M. I. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandar Lampung. Jurnal Imu Administrasi, 19(1), 23–30.
Alfi, I., & Saputro, D. R. (2019). Hambatan Komunikasi Pendamping Sosial. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 193–210. https://doi.org/10.22515/balagh.v3i2.1397
BPS Kota TanjungBalai. (2020). Kecamatan Sei Tualang Dalam Angka 2020 (Vol. 148). TanjungBalai: BPS Kota TanjungBalai.
Dahlia, D., Harahap, D., & Lubis, Y. A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.51
Dhani Nuravianto Aji, Asianto Nugroho, S. H. (2022). Jurnal komunikasi hukum. Jurnal Komunikasi Hukum,Volume 7 Nomor 1 Februari 2021, 8(1), 469–480. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh/issue/view/863
Dwihartanti, M. (2014). Komunikasi yang efektif.
Elnita, Ernita Arif, A. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Pelayanan Publik “Sijarla Terpadu“ Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok, 172–185.
Haeli. (2018). Diklat Prajabatan Cpnsd Tenaga Honorer K2/Formasi Khusus Angkatan X Lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Nusa Tenggara Barat Tahun 2018.
Hafied Cangara. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamzah, L. O., Sidu, D., & Harmin, S. (2022). Proses Komunikasi Dalam Peningkatan Polres Kendari Communication Process in Improving Member ’ S Work Achievementpolres Kendari. Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 13(1), 72–81.
Harahap, S. R. (2021). Hambatan – Hambatan Komunikasi. Al-Manaj : Jurnal Program Studi Manajemen Dakwah, 1(1), 56–62.
Hardiansyah. (2015). Komunikasi Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi. Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/3822/1/Komunikasi Pelayanan Publik.pdf
Hardiyansyah. (2015a). Komunikasi Pelayanan Publik.
Hardiyansyah. (2015b). Komunikasi Pelayanan Publik dan Aplikasi. Dilengkapi dengan Undang Undang Republik Indonesia No 25 Tahun 2019 tentang Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hasan, E. (2020). Perilaku Komunikasi Aparatur Sipil Negara (Asn) Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kerja Sebagai Abdi Negara Dan Abdi Masyarakat. Jurnal Tatapamong, 1–8. https://doi.org/10.33701/jurnaltatapamong.v1i1.1140
Hayat. (2017). Manajemen Pelayan Publik. Depok: PT.RajaGrafindo Persada.
Idarafni. (2021). Kompetensi Perilaku Kerja Asn Pada Pemerintah Daerah Aceh Idarafni. Jurnal Fitrah, 3(1), 6.
Iskandar, D. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Loyalitas Kerja Pegawai. PERSEPSI: Communication Journal, 4(1), 31–42. https://doi.org/10.30596/persepsi.v
Kadarisman, M. (2019). Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi di Kota Depok. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 16(1), 17–32. https://doi.org/10.31113/jia.v16i1.202
Kalianda, D. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup (Dlh) Dalam Mengimplementasikan Program Green City Di Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, 5(1), 1–12.
Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu komunikasi.
Kecstr. (n.d.). Sejarah Kecamatan Sei Tualang.
Kustiawan, W., & dkk. (2022). Pentingnya Psikologi Komunikator. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 2045–2050.
Kusumadinata, A. A., & Fitriah, M. (2017). Strategi Komunikasi Pelayanan Publik melalui Program Pos Pemberdayaan Keluarga. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 225–238.
Liliweri, Y. K. N., & Lada, H. L. L. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Kupang dalam Mensosialisasikan Program Smart City. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.35508/jikom.v10i2.4460
Luas, A. F., Sondakh, M., & Londa, J. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Dalam Menunjang Program Pengurangan Kemasan Plastik Pada Masyarakat Kelurahan Tosuraya Barat | Luas | Acta Diurna Komunikasi. Acta Diurna Komunikasi, 1–14.
Mahendra, I., Sistem, J., Stmik, I., Mandiri, N., Jl, J., Damai, N., … Selatan, J. (2015). Budi Setia Jakarta Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 70–80.
Mahendra, R., Darmawan, A., & Puspaningtyas, D. A. (2022). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Seminar Peningkatan Sitasi Internasional, 1(1).
MULUGOL, E., & Kimbal, Maichael, M. A. (2020). Kinerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kantor Distrik Alama Kabupaten Mimika. Jurnal Administrasi Publik, 6(91), 1–23.
Nurhadi, Z. F., Kurniawan, A. W., Studi, P., Komunikasi, I., & Garut, U. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian-ISSN: 2461-0836 2017 Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi, (1), 90–95.
Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia , Sudahkah Berlandaskan Konsep “ Welfare State ”?
Pemerintahan Kota Tanjung Balai. (2019). laporan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan kota tanjungbalai tahun 2018.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
Ramadanty, S. (2014). Penggunaan Komunikasi Fatis Dalam Pengelolaan Hubungan Di Tempat Kerja, 1–12.
Randang, J., Lumolos, J., & Waleleng, G. (2016). Kualitas Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara Di Kantor Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumber Daya Pembangunan, 3(20), 1–6.
Rianti, S., Rusli, Z., Yuliani, F., Bina, K., Jl, W., & Pekanbaru, P. (n.d.). dari pelayanan aparatur pemerintah akan se- Sipil merupakan unsur pelaksanaan Peme- Kepala Dinas yang berada dibawah dan ber-, 412–419.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin, 17(33), 81–95.
Rismayanti. (2018). Hambatan komunikasi yang sering dihadapi dalam sebuah organisasi. Journal Al-Hadi, 6(1), 825–834. Retrieved from file:///C:/Users/Asus/Downloads/384-73-754-1-10-20181130.pdf
Setiawan, M., Unde, A. A., & Farid, M. (2016). Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 3, No.4, 3(4), 243–248.
SUAIB, S. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan.
Sudarman, I. (2021). Efektivitas Kerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Dalam Pelayanan Publik Pada Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan.
Suhifatullah, M. I. (2019). Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Komunikasi Etis Aparatur Sipil Negara. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 1(2), 163–173. https://doi.org/10.33592/perspektif.v1i2.542
Surahmi, A., & Farid, H. M. (2018). Duampanua Kabupaten Pinrang Communication Strategy in Encouraging People ’ s Participation toward Development in Duampanua Subdistrict , Pinrang Regency Pembangunan merupakan suatu proses pembaharuan yang kontinyu dan terus Usaha pembaharuan untuk mendapa, 232–239.
Syahrida, A. (2021). Tradisi Makan Hadap-Hadapan Pada Etnis Melayu Di Kota Tanjung Balai Yang Memiliki Makna simbolik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial Dan …. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/387%0Ahttp://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/download/387/360
Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9. https://doi.org/10.22146/jgs.40424
Wahyono, T., & Rafinita Aditia, ) ; (2022). Unsur-Unsur Komunikasi Pelayanan Publik (Sebuah Tinjauan Literatur). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(4), 489–494–489–494. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2720
Wilinny, W., Halim, C., Sutarno, S., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–6.
Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), (2), 56–65.
Yuntina, L. (2019). Jurnal Care Jcare. Strategi Pembelajaran , Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19 Di Tkit Al Marjan Kota Bekasi Tahun 2020, 9(1).
Zaenal Mukarom. (2021). Teori-teori komunikasi. Bandung: UIN Bandung.
Zuwirna. (2016). E-TECH | Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan | Vol.I No.1 November 2016 Diterbitkan Jurusan KTP FIP UNP, (1), 1–8.
Zuwirna, Z. (2018). Komunikasi Yang Efektif. Universitas Negeri Padang, 6(1), 1–8.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v7i1.16598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Humala Sakti Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index