Strategi Marketing Public Relations Koppi Asia dalam Membangun Brand Awareness
Abstract
Abstrak
Pertumbuhan bisnis kopi di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga menjadikan persaingan yang sangat ketat bagi para pengusaha bidang kopi, hal ini menjadikan pengusaha kedai kopi untuk selalu berinovasi dalam menghadapi persaingan yang kian memanas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Marketing public relations Koppi Asia dalam membangun brand awareness di kota Palembang. Teori yang digunakan adalah Tahapan Marketing Public Relations yang mencakup strategi pull, push dan pass. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Koppi Asia cukup berhasil dalam menanamkan brand awareness kepada konsumen. Sehingga menjadikan Koppi Asia sebagai brand kopi yang mampu berkembang dan bersaing dengan brand lainnya.
Abstract
The growth of the coffee business in Indonesia has increased quite significantly, thus making the competition very tight for coffee farm entrepreneurs, this makes coffee shop entrepreneurs always compete in increasingly heated competition. The purpose of this study was to determine Koppi Asia's marketing public relations strategy in building brand awareness in the city of Palembang. The theory used is the Stages of Marketing Public Relations which include pull, push and pass strategies. The method used is qualitative. Data collection technique is in-depth interviews. The results of this study indicate that Koppi Asia is quite successful in instilling brand awareness among consumers. So that makes Koppi Asia a coffee brand that is able to develop and compete with other brands.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Eva., Mikasari, Dewi Aurora., Rais,Syafruddin. Strategi Branding Kopi Sekanak “Kopi Raja”. Jurnal Menata: Puslitabmas Politeknik Pariwisata Batam. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022.
Amstrong, & Kotler, P. 2014. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan,. mplementasi dan Pengendalian) Volume satu, Edisi ketujuh. Terj. Jakarta: PT. Erlangga.
Anggraini, M. J. 2019. Strategi Marketing public relations The 101 Hotel Bogor Suryakencana dalam Mempertahankan Brand Image sebagai HoteL Bintang 4. Jakarta: Universitas Prof. DR. Moestopo.
Cahyono, A. S. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung.
Chayadi, Scelly Alvionita., Loisa, Riris., Sudarto. Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Prologia Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021.
Evita, E., & Setyanto, Y. 2019. Strategi Marketing public relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. Prologia 2(2), 312-319
Ferdy, R., & Sari, W. P. 2020. Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi #UninstallKhawatir Terhadap Brand Awareness. Prologia, 106-112.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Media Group
Manzilati, A. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press
Meleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nastiti, Nilam Ayu.,Supranata, IKG. Strategi Marketing Public Relations Glad Coffee dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Pantarei Volume 04 Nomor 02 Tahun 2020.
Octavianti, M. 2012. Menumbuhkan Kesadaran Merek Produk Melalui Media Sosial (Studi Kasus Mengenai Optimalisasi Penggunaan “Twitter” Sebagai Upaya Menumbuhkan Kesadaran Merek Maicih “Keriping Singkong Pedas Asli Kota Bandung”. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.2(2).
Ruslan, R. 2013. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sutanto, Ami Hartinah., Dewanggi, Anggun Putri. Strategi Public Relations Omnikopi dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Panterei Volume 03 Nomor 04 Tahun 2019.
Wahid, U., & Puspita, A. E. 2017. Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. GoJek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing public relations. Jurnal Komunikasi Volume 9 Tahun 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v7i1.14488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Diah Ayu Nabilah Karimah, Nina Yudha Aryanti, Ibrahim Besar, Andy Corry Wardhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index