Pengaruh Elemen Video Dan Audio Pada Iklan Sasa Di Twitter Terhadap Sikap Khalayak

Khinanti Khanzasalwa, Sylvie Nurfebiaraning

Abstract


Abstrak Beriklan termasuk kedalam kegiatan komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan secara online melalui media sosial salah satunya yaitu Twitter. Dalam satu tahun kebelakang pertumbuhan pengguna aktif dan pertumbuhan signifikan pada konten video terus bertambah sehingga Twitter dipilih dan digunakan oleh perusahaan untuk beriklan. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT. Sasa Inti, membuat sebuah iklan yang diunggah melalui akun Twitter @Sasa_Melezatkan dengan format video iklan, meraih 3,2 juta pentonton. Iklan tersebut merupakan iklan Sasa versi “Welcome Back Micin Swag Generation”, iklan yang banyak mendapat tanggapan baik dari khalayak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besar pengaruh elemen video dan audio pada iklan Sasa versi “Welcome Back Micin Swag Generation” di media sosial Twitter terhadap sikap khalayak. Komponen sikap yang akan diteliti nantinya adalah komponen sikap kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 400 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Statistik Desktiptif dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh Elemen Video dan Audio secara parsial sebesar 40,13% dan 16,56 % serta secara simultan sebesar 56,8% dari 100% terhadap Sikap Khalayak. 

KeywordsElemen audio, elemen video, sikap khalayak


Full Text:

PDF

References


References

Ammarie, R. H., Nurfebiaraning, S., Studi, P., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2018). Pengaruh Iklan Pop-Up Bukalapak Versi Pahlawan Pada Youtube Terhadap Sikap Khalayak The Effect Of Bukalapak Pop-Up Ads Hero Version On Youtube Towards The Attitude Of The Audience. 2(2), 78–93.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2003). Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communications Perspective, SIxth Edition. The McGrew-Hill Companies.

Beveridge, C. (2021). 56 Important Social Media Advertising Statistics for 2021. Hootsuite.

Clinten, B. (2019). Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesia Diklaim Terbanyak. Www.Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-twitter-indonesia-diklaim-terbanyak

Dr. Riduwan, & Kuncoro, A. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Alfabeta.

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. Www.Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedu). PT. Indeks.

Lacy, K. (2011). Twitter Marketing for Dummies. Wiley.

Morissan, M. A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pertama). Prenadamedia Group.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.

Rey D. Rosales, P. D. (2006). Trends and variables in selling online advertising. In The Elements Of Online Jurnalism (p. 45).

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga.

Statusbrew. (2018). 100 Social Media Statistics For Businesses 2019 + [Infographic & PDF].

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v6i2.11707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khinanti Khanzasalwa, Sylvie Nurfebiaraning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index