Analisis Representasi Perlawanan Perempuan Pada Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
Abstract
Abstrak
Film merupakan salah satu media massa yang memiliki pengaruh yang kuat dalam menyampaikan pesan kepada khalayak. Pesan yang disampaikan oleh film bersifat multitafsir. Ada yang berpandangan bahwa film hanya sebagai hiburan, tetapi ada juga yang berpandangan bahwa film menggambarkan realitas ataupun fenomena yang terjadi di tengah masyarakat. Isu yang sering diangkat adalah terkait dengan gender. Ketidakadilan dapat terjadi pada laki-laki atau perempuan, tetapi sering kali perempuanlah yang menjadi korban. Kesadaran akan hal itu pada akhirnya membuat perempuan melakukan perlawanan untuk dapat membebaskan dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan yang terjadi pada perempuan dan bagaimana perlawanan yang dilakukan tokoh perempuan dalam film”Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menemukan bahwa bentuk kekerasan yang terjadi yaitu kekerasan verbal, kekerasan non verbal, kekerasan fisik dan kekerasan seksual. Adapun perlawanan yang dilakukan oleh tokoh perempuan dalam film ini adalah dengan cara memberikan peringatan, meracuni, memenggal kepala, mengancam, mengabaikan dan memaki.
Abstract
Film is one of the mass media that has a strong influence in conveying messages to the audience. The message conveyed by the film is multi-interpretive. Some of the audience describe that movie only as entertainment, but other describe that films depict reality or phenomena that occur in society. An issue that is often raised is related to gender. Injustice can happen to men or women, but often it is women who are victims. Awareness of it eventually makes women fight to be able to free themselves. The aims of this study are to describe the forms of violence that occur in women and how the woman in film "Marlina the Murderer in Four Acts" carried out their problem. This researh used descriptive qualitative method using the semiotic analysis of Charles Sanders Peirce. It is used to describe and understand the portrait of violence. This study found several forms of violence that occur namely verbal violence, non-verbal violence, physical violence and sexual violence. The resistance that is carried out by the female character in the film by giving warnings, poisoning, beheading, threatening, ignoring and cursing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. (2020). Konstruksi Perlawanan Perempuan Korban Kekerasan Seksual dalam Film (Analisis Isi Kualitatif dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak 1(2017). http://etd.repository.ugm.ac.id/
Alwi, Z. R. (2021). Representasi Perempuan dalam Film “Berbagi Suami” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Visi Komunikasi, Vol. 19 No. 2
Apriliani Basnapal, R., & Retno, Wulan. R. (2019). Presentasi Perempuan dalam Perspektif Ekofeminisme pada Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak. Jurnal Komunikasi. Vol. 13 No. 2
Arifin, Sharifa., dan Anshori, Muhammad Syukron. (2022). Studi Semiotik Feminisme pada Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Indonesia Sosial Sains. Vol. 3 No. 2
Bahy, Siroojuddin Al., dan Tjahjono, Tengsoe. (2022). Belenggu Patriarki Tokoh Utama Dalam Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak Karya Mouly Surya (Kajian Feminisme Radikal Kate Millett). BAPALA. Vol. 9 No. 10
Cahyani, A. D., & Aprilia, M. P. (2022). Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Film Indonesia (Analisis Isi Kuantitatif dalam Film Indonesia dengan Latar 1998-2021). CANTRIK Jurnal Mahasiwa Komunikasi. Vol. 2 No. 1
Danesi, Marcel. (2012). Pesan, Tanda dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra
Gumulja, Ivana dan Prasetio, Arie. (2020). Representasi Perempuan dalam Perspektif Feminisme Pada Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (Analisis Multimodal dalam Film). e-Proceeding of Management. Vol.7 No.2
Hidayah, Eka, Kamilatul. 2020.Analisis Semiotik Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak Dalam Perspektif Gender. http://repositori.unsil.ac.id/5830/
Jusiano Oktavianus, P. (2018). Analisis Semiotika Ketidakadilan Gender Terhadap Perempuan Dalam Film Marlina Si Pembunuh Empat Babak. JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 7 No. 2
Karima, Mufida Shafa. (2019). Citra Perempuan dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak: Kajian Sastra Feminis dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77745
Kartika, Nadya Aprilliani. (2020). Analisis Semiotika Unsur Kekerasan dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. Skripsi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Maila, Erfania (2019). Pesan Kriminal Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Analisis Semiotika Model Roland Barthes). Skripsi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Marasabessy, N. (2021). Patriarchy and Women’s Emancipation in Indonesian Film: Marlina the Murderer in Four Acts and Perempuan Berkalung Sorban. MUHARRIK Jurnal Dakwah dan Sosial. Vol. 4 No. 2
N, Manogu Andrew., dan Lestari, Sri Budi. (2019). Pemaknaan Khalayak terhadap Film “Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak.” Interaksi Online. Vol. 27 No. 3
Nasution, Lia Anggia., dan Sahira, Nurul. 2021. Studi Semiotik Feminisme Tentang Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. COMMUNIQUE. Vol. 4 No.1
Pratiwi, Mulyani., Nurjuman, Husnan., Yusanto, Yoki. (2021). Konstruksi Maskulinitas Perempuan Melawan Tindak Kekerasan pada Film Thriller (Analisis Semiotika pada Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak). KOMUNIKA Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 8 No. 2
Putra, Nofebri Tri Rusma., Najmi, Maisaratun., dan Nursyam, Yesriva. (2021). Analisis Sudut Pandang Kamera dalam Memvisualisasikan Karakter Tokoh pada Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Karya Mouly Surya. OFFSCREEN Film and Television Journal. Vol. 1 No. 1
Putri, Farah Devianti. (2018). Representasi Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan pada Film “Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak”. Skripsi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie
Putri, Atria Sakinah. (2020). Analisis Resepsi Karakter Perempuan dalam Film. JOM FISIP. Vol.7 No. 1
Putri, Wina Ikarunia. (2022). Konflik Pada Film Marlina Si Pembunuh. http://repository.isi-ska.ac.id/5747/
Ramli, R. B. (2018). Representasi Kekerasan Fisik dan Simbolik terhadap Perempuan dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. Seminar Bahasa Riksa Internasional XI. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/194/186
Ratnatika, Rida. (2018). Representasi Perempuan Mendobrak Budaya Patriarki Sumba dalam Film “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” (Analisis Semiotika) https://digilib.esaunggul.ac.id/representasi-perempuan-mendobrak-budaya-patriarki-sumba-dalam-film-marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-analisis-semiotika-13873.html
Sobur, Alex. 2020. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sapuroh. (2021). Maskulinitas dalam Film “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak”: Sebuah Kajian Strukturalisme Genetik Pierre Bourdieu. Jurnal Urban. Vol. 5 No. 1
Setiawan, M. P., Yoanita, D., dan Wahjudianata, M., 2020. Representasi Peran Gender Dalam Film The Incredibles 2. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. Vol. 8 No. 1
Surahman, Sigit; Corneta Ingky; dan Senaharjanta, Ignasius Liliek. (2020). Female Violence Pada Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (Analisis Semiotika Roland Barthes). JURNAL SEMIOTIKA. Vol. 14 No. 1
Valerina, Wisti. (2013). Representasi Kekerasan Seksual pada Perempuan (Studi Analisis Semiotika dalam Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”). http://citraindonesia.com/film-7-hati-7-cinta-7-wanita-curi-perhatian-di-cannes/
Wahjuwibowo, Indiwan, Seto. (2018). Semiotika Komunikasi-Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media
Wahyuni, Hesti Retno. (2018). Representasi Perlawanan pada Patriarki Pada Film ‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Representasi Patriarki pada Film ‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’). https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=381364
Yustiana, Melia., dan Junaedi, Ahmad. (2019). Representasi Feminisme dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Analisis Semiotika Roland Barthes). KONEKSI. Vol. 3 No. 1
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v6i2.11561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eva Suryani Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index