PERANAN SEKOLAH DALAM PENARAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Nahrun Najib Siregar

Abstract


Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat multikultural, dimana masing-masing daerah memiliki karakteristik yang unik dan khas. Keberagaman yang ada pada masyarakat Indonesia telah menimbulkan banyak terjadinya konflik antara golongan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan multikulturalisme berperan penting dalam penyelesaian persoalan tersebut. Pendidikan multikultural sebagai sarana alternatif pemecahan konflik sosial. Pada dasarnya pendidikan multikultural tesebut dapat diajarkan dalam lembaga pendidikan formal. Dalam upaya pemahaman multikultural tersebut maka guru dan sekolah memiliki peranan yang sangat penting agar  peserta didik mampu menerima perbedaan, kritik, dan memiliki rasa empati serta toleransi pada sesama tanpa memandang golongan, status, gender, dan kemampuan akademis sekolah memiliki peranan yang sangat penting guna membangun.

 

Indonesian society is a multicultural society, where each region has unique and distinctive characteristics. The diversity that exists in Indonesian society has caused many conflicts between the Indonesian people. Therefore, multiculturalism plays an important role in solving the problem. Multicultural education as an alternative means of solving social conflicts. Basically multicultural education can be taught in formal education institutions. In an effort to understand multiculturalism, teachers and schools have a very important role so that students are able to accept differences, criticism, and have a sense of empathy and tolerance for others regardless of class, status, gender, and academic ability of the school has a very important role in building.

Keywords: Role, Application, Multicultural Education



Keywords


Kata Kunci: Peranan, Penerapan, Pendidikan Multikultural

References


Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.

Mahfud, Chairul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Penerbit.

Mardianto dan Fridiyanto. 2018. Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Penelitian. Yogyakarta: Publishing.

Suryana, Yana dan Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Konsep, Prinsip dan Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.

Tilaar.2002. Pendidikan dan Perubahan Sosial: Pengantar Pedagogik Transformatof untuk Indonesia. Jakarta: IKAPI.

Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: IKAPI




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v2i1.5408

Copyright (c) 2019 JISA (Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama)

Indexed by