PEDOMAN PENULISAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA DI KECAMATAN PALMATAK KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Sonia Sonia, Sri Rahmadani, Hanafi Saputra

Abstract


Kesuksesan teknologi dalam komunikasi dan penyebaran informasi sampai saat ini semakin berkembang maju di kalangan masyarakat Indonesia.Kemajuan teknologi tersebut, menimbulkan inovasi-inovasi yang mengubah banyak aspek dalam kehidupan manusia.Salah satu inovasi dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini adalah media sosial.

Keywords


Instagram, Teenagers, Self-Identity

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdulsyani. 2014. Sosiologi Skimatika Teori dan Terapan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94. https://doi.org/10.22373/jp.v4i2.11080

Aqidah, P. I., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2015). METODE HISTORIS: SUATU KAJIAN FILSAFAT MATERIALISME KARL MARX Fuadi. 17, 219–230.

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian Media Sosial dan Self Concept pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 5(1), 30–41.

Fitrya, S. N. T. A., Unde, A., & Aziz, S. (2018). Pengungkapan Identitas Diri Melalui Media Sosial : Studi Mengenai Etnografi Virtual Melalui Virtual Vlog. Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(1), 83–92.

Fuentes, M. M. M. (2017). instagram sebagai media interaksi simbolik dalam menciptakan gaya hidup.

Herold, B. (2018). Social Media Use Among Teennagers is Rising Rapidly. Journal of Teh American Medical Assosiations, Vol. 38, Iss. 5, 1-4.

Idaman, N., & Kencana, W. H. (2021). Identitas Virtual Remaja Pada Media Sosial Instagram. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1–9. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/849

Indahningrum, R. putri, Naranjo, J., Hernández, Naranjo, J., Peccato, L. O. D. E. L., & Hernández. (2020). penggunaan media sosial innstagram dalam pembentukann identitas. In Applied Microbiology and Biotechnology (Vol. 2507, Issue 1).

Instagram Business, T. (2018). Pengaruh Instagram Stories Terhadap Eksistensi. In Instagram for Business. https://business.instagram.com/blog/announcing-shopping-in-instagram-stories-and-explore?locale=zh_TW

Izah, L. L., & S. (2017). Gambaran Pengetahuan Remaja Usia 16-17 Tahun Tentang Pembentukan Identitas Diri di SMA Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri. Jurnal AKP, Vol. 8 No. 2, 26-31.

Johnson, P. D. (1990). Teori Sosiologi Klasik dan Modern (2nd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Juraman, S. R. (2017). Naluri Kekuasaan dalam Sigmund Freud. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 1(3), 280–287. https://doi.org/10.25139/jsk.v1i3.367

Kamaliyah, N. (2021). Pengenalan Nilai Moderasi Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan This Or That Berbasis Aplikasi Tiktok Introducing Moderation Values To Early Childhood Through This Or That Game Tiktok Application-Based. Vol. 15(No. 2), hal. 211.

Nasrullah, R. (2012). Internet dan Ruang Publik Virtual, Sebuah Refleksi atas Teori Ruang Publik Habermas. Jurnal Komunikator, 4(1), 26–35. www.kangarul.com

Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.154

Patricia, C. O. S. (2021). MOTIF, POLA PENGGUNAAN, DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN MEDIA. 3(2), 6.

Pérez, A. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Piliang, Y. A. (2012). MASYARAKAT INFORMASI DAN DIGITAL: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 143–155.

Prihatiningsih, W. (2017). motif penggunaan media sosial Instagram di kalangan remaja. Jurnal Communication, 8(1), 51–65.

Putra, D. A., Rosihan, A., & Virgiana, B. (2021). Analisis Makna Simbolik Tradisi Nyakak Dan Nyirok Pada Prosesi Pernikahan Masyarakat Etnis Komering Desa Kota Baru Barat Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jurnal Massa, 02(01), 1–14. http://journal.unbara.ac.id/index.php/JM%0D

Putra, R. S. (2010). Revolusi Teknologi Informasi Dan Perubahan Sosial Dalam Perspektif Materialistis, Pendekatan Baru Terhadap Pendekatan Ideologi Sebagai Kendaraan Perubahan Sosial. Jurnal Aliansi, 2(2), 323–333.

Ranny, M, R. A. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 40–47.

Rogi, B. A. (2015). Peranan komunikasi keluarga dalam menanggulangi kenakalan remaja di kelurahan tataaran 1 kecamatan tondano selatan. Jurnal Acta Diurna, 4(4), 6. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/8657

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2013). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(4), 1–12.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. CV Andi Offset.

Setianingsih, D. N., Tarma, & Yuliastri, L. (2015). Comparison of adolescent self-concept who have single Parents men and women in sma 76 jakarta. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(2), 74–90.

Shintaviana, F. V., & Yudarwati, A. (2013). Konsep Diri serta Faktor-Faktor Pembentuk Konsep Diri Berdasarkan Teori Interaksionisme Simbolik. Universitas Atma Jaya, 4(sosial), 1–15. http://e-journal.uajy.ac.id/5781/1/jurnal.pdf

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5(2), 118–133. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.5143

Ulfa, N. F. (2019). Dampak Penggunaan Instagram Terhadap Gaya Hidup Remaja. Skripsi, 8(1), 1–76.

Utami, T. W., & Nurhayati, F. (2019). Kecanduan Internet Berhubungan Dengan Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 33. https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.33-38

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444

Wahyuni, W., & Marettih, A. K. . (2012). Hubungan Citra Tubuh Dengan Identitas Diri Pada Remaja Dengan Disabilitas Fisik Winda Wahyuni Anggia K.E Marettih. Jurnal Psikologi, 8(1), 62–66.

Zakirah, D. M. A. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Membentuk Identitas Diri Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 91–101. https://doi.org/10.33367/kpi.v2i2.1116




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v7i1.19344

Copyright (c) 2024 Sonia - -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by