PENGARUH TABUNGAN DAN DEPOSITO BANK UMUM TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO (TAHUN 2014 – TAHUN 2018)

Rudy Irwansyah

Abstract


Bank umum atau yang dikenal dengan nama bank komersil merupakan bank yang paling banyak beredar di Indonesia. Bank umum juga memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan BPR, baik dalam bidang ragam pelayanan maupun jangkauan wilayah operasinya. Artinya bank umum memiliki kegiatan pemberian jasa yang paling lengkap dan dapat beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu melalui studi pustaka dengan mengumpulkan segala hal yang berkaitan dengan penelitian ini yang bersumber dari buku, jurnal, internet, dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwa dari hasil uji t statistik bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tabungan dan Produk Domestik Bruto. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwa dari hasil uji t statistik bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara deposito dan Produk Domestik Bruto. Begitu juga dengan hasil uji F statistik bahwa adanya pengaruh tabungan dan deposito secara simultan berpengaruh terhadap Produk Domestik Bruto.


Keywords


Tabungan, Deposito, Produk Domestik Bruto

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia (BI), “Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SEKI) Dari Tahun 2014 Sampai Dengan Tahun 2018”, www.bi.go.id (7 Oktober 2019).

Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2014.

Meyliana, Dita dan Mulazid, Ade Sofyan, Pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB), Jumlah Bagi Hasil, dan Jumlah Kantor Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah Bank Syariah Di Indonesia Periode 2011-2015, Economica: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 8 Nomor 2, 2018.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), “Statistik Perbankan Syariah (SPS) Dari Tahun 2014 Sampai Dengan Tahun 2018”, www.ojk.go.id (7 Oktober 2019).

Yuniarti dan Karamoy, Herman, Pengaruh Tabungan dan Deposito Terhadap Rentabilitas Bank Pemerintah Periode 2008-2011, Journal Accountability, Volume 2 Nomor 1, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Flag Counter 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.