Independent Learning Concept
Abstract
Full Text:
PDF 51-67References
Ana Widyastuti, Merdeka Belajar dan Implementasinya (PT.Elex Media Komputindo, 2022)
Iwan, S. (2020). WEBINAR APSPBI: IMPLIKASI SEMANGAT MERDEKA BELAJAR.
KAMPUS MERDEKA. Indonesia: HUMAS USD. Available at: https://youtu.be/kKfr0Cf7Zj0.
Iwinsah, R. (2020) Menakar Konsep “MERDEKA BELAJAR”, Intens.News. Available at: https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/.
Kemendikbud (2020) Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Edisi ke-3. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Rosyidi, U. (2020) Merdeka Belajar; Aplikasinya dalam Manajemen Pendidikan &Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI.
Tim Kompasiana (2020) Merdeka Belajar demi Mewujudkan Indonesia Maju, kompasiana.Available.at:https://www.kompasiana.com/isnatustiyani/5f3abffad541df299a4aadd2/merdeka-belajar- demi-mewujudkan-indonesia-maju?page=1
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. 2016. KKBI Daring. Online. Tersedia pada: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nul
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah. 2008. Teori Belajar Konstruktivisme. Online. Tersedia: https://akhmad-sudrajat.wordpress.com/2008/08/20/teori-belajar-konstruktivisme/
Herbert,Frank. 2019. Merdeka Belajar.online. Tersedia: https://www.kompasiana.com/syekhmuhammad/5df20d25d541df6ca8471992/merdeka-belajar-atau-belajar- merdeka?page=all
Mantra Sukabumi, ‘Mengenal Konsep Merdeka Belajar (Mantra Sukabumi’, 2022) [accessed 25 Oktober 2022]
Siti Mustaghfiroh,“Konsep Merdeka BelajarPerspektif Aliran Progresivisme John Dewey”,Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, (2020)
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta : Prenada Media Group.
Setiawan, Bambang Galih. 2016. Kemerdekaan dalam Pandangan HAMKA. Online. Tersedia: hidayatullah.com/artikel/opini/read/2016/08/17/99506/ kemerdekaan-dalam- pandangan-hamka.html
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Suparno, Paul. 2001. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Sudirman dan Agus Hakri Bokingo,“Teachers Of The Year: Kinerja Guru Dalam Bingkai Perkembangan Pendidikan Abad 21”,(Surakarta: Universitas Muhamadiyyah, 2018),Publikasi Ilmiah, ISBN: 978-602-361-102-7 ke-2.
Wiku Aji Sugiri dan Sigit Priatmoko, Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar, Jurnal At-Thulab, Vol 4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS)
Ruang Jurnal
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
ISCIS by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ISCIS/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.