Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM) Karyawan di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Padang Sidimpuan

Johar Arifin Tanjung, Azhari Akmal Tarigan

Abstract


- Sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam suatu organisasi. Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kualitas dan juga kuantitas  SDM yang berdampak pada pencapaian kinerja. Salah satu masalah yang dihadapi PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Padangsidimpuan selama penulis melaksanakan kegiatan kerja praktek adalah kurangnya kuantitas/jumlah karyawan yang ada. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris mengenai peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di PT. Bank Sumut KCSy Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang dimana prosedur pemecahan masalah yang diteliti menggambarkan keadaan subjek ataupun objek berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa dalam mengatasi permasalahan kuantitas dan kualitas SDM karyawan di PT. Bank Sumut KCSy Padangsidimpuan, perusahaan perlu meningkatkan SDM dengan cara yaitu ; recruitment, seleksi, perencanaan sumber daya manusia, dan penilaian sumber daya manusia.

Keywords


Sumber Daya Manusia, kuantitas, kualitas

Full Text:

PDF

References


Kurniawati, Dhoni. 2018.ManajemenSumberDayaManusiaDalamPerspektif Islam Dan ElevansinnyaDenganManajemen Modern.Kementrian Agama Lampung Timur 11, No.1.

Fatoni, Abdurrahman. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. ( Jakarta : Renika Cipta )

OtoritasJasaKeuangan. 2015. Roadmap PerbankanSyariah Indonesia 2015-2019.(Jakarta :DepartemenPerbankanSyariah).

Tho’in, Muhammad. 2016. Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berdasarkan Prinsip-Prinsip Syariah Islam (Studi Kasus Pada Bni Syariah Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 02, No. 03. (Surakarta : STIE-AAS Surakarta).

Trimulato. 2018. Penerapan Pengembangan Sumber Daya Manusia Islami pada Unit Usaha Syariah. Cakrawala: Jurnal Studi Islam Vol. 13 No. 1, (Parepare : Universitas Muhammadiyah Parepare)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v6i2.9813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Johar Arifin Tanjung, Azhari Akmal Tarigan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/