Analisis Manajemen Pengelolaan Mini Market Syariah Panyabungan Dalam Kaca Mata Ekonomi Islam

Jureid Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen mini market syariah di Panyabungan dalam kacamata ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan kualitatif deksriptif dengan pendekatan normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  manajemen mini market syariah di  Panyabungan yaitu selalu  berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah dan menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam. Dalam manajemen pelayanan tidak ditemukan hal-hal yang bertentangan seperti menjual barang kedaluarsa, ihtikar, sifat tamak pengelola, dan lain-lain. Prinsip ekonomi Islam yang diterapkan berupa manajemen qolbu yaitu ramah kepada pembeli, membantu pembeli mencari barang kebutuhannya, jujur dan amanah. keramahan para pramuniaga menyambut pembeli ketika masuk mini market syariah serta membantu pembeli mencari produk atau barang yang mereka cari, menjamin  kehalalan produk, menetapkan harga secara fleksibel dan relatif murah adalah nilai syariah yang melekat. Pandangan ekonomi Islam terhadap manajemen mini market syariah di Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal sudah sesuai hal ini dapat dilihat dari, tidak adanya manipulasi harga, tidak mengandung hal-hal yang dilarang atau diharamkan dalam prinsip syariah maupun nilai-nilai Islam dalam bermuamalah

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Usman, Manajemen Strategis Syariah, Teori, Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Zikrul Hakim, 2015.

Ahmad Ibrahim Abu Siin, Manajemen Syariah Sebuah Kajian Historis dan Komtemporer, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Amiruddin, Zainal Asikin, Pengantar Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Arfan Ikhsan, Pengantar Manajemen, Medan: Perdana Mulyana Sarana, 2011.

Bukhari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2011.

Candra Wijaya & Muhammad Rifa’i, Dasar-Dasar Manajemen,Medan: Perdana Publishing, 2016.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur’an Disempurnakan oleh Lajnah Pentashih Mushaf AlQur’an, Bandung, 2005.

Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Faidatur Robiah, Marketing Hebat Ala Rasulullah, Solo: Tinda Medina, 2018.

Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1993.

Hermawan Kartajaya dan M. Syakir Sula, Syariah Marketing, Bandung, Mizan: 2006.

Ida Friatna, Konsep Laba dalam Sistem Ekonomi Islam, Banda Aceh: Pena, 2012.

Inung Odi Setiadi, Mengenal Dasar Manajemen, Klaten: Cempaka Putih, 2019.

John Eddy Dharmasoeka, Succes with A Powerful Marketing Plan, Jakarta: Erlangga, 2013.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.

M. Said. Tarjamah Al-Qur’an Al-Karim. Bandung: Al-Ma’arif, 1987.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Melayu Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta, 2009.

Moh Nazir, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Muhammad Sharif Chaudry, Sistem Ekonomi Islam Prinsip Dasar, Jakarta: Kencana, 2014.

Noor Juiansyah, Metode Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah, Jakarta Kencana, 2013.

Nurul Huda dkk, Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana, 2017.

Phillip Kotler dan Gerry Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran, (terj), Jakarta: Erlangga, 2004.

Rahmat Hidayat dan Candra Wijaya, Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2017.

Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UI Press. 2005.

Sopiah dan Syihabudhin, Manajemen Bisnis Ritel, Yogyakarta: Andi Offset, 2008.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2017.

Sylvia Saraswati, Cara Mudah Menyusun Proposal Skipsi dan Tesis, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2010.

Widyarini & Puji Pramudya Wardani, Evaluasi Pemasaran Pada Mini Market Syari’ah (Tinjauan Perspektif Hukum Islam pada Minimarket Syar’e Mart) Az Zarqa’, Vol. 9, No. 2, Desember 2017.

Winarno Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah, Badung: Tarsito, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v6i1.9447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam by Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/