Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha Terhadap Pengembangan Usaha dan Penggunaan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Interventing (Kajian Empiris Pada Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal)

Formaida Tambunan

Abstract


This research aims to examine and analyze the influence of accounting knowledge and experience effort towards the development of a mediation effort with the use of accounting information on the perpetrators of the UKM. Research conducted in the village of Tanjung Rejo Medan Sunggal in 2019. This research is quantitative research associate. Population and sample of this research is 40 principals with UKM error rate of 5%. Types and sources of data that dikumulkan is quantitative data and secondary data by analyzing the use test, test the normality assumption linieritas and using path analysis. The conclusions of the results of this study are: 1) influential accounting knowledge against the use of accounting information, whereas business experience has no effect against the use of accounting information accounting knowledge, 2) knowledge of accounting and business experience a positive effect towards enterprise development, and 3) accounting knowledge and business experience have indirect influence through the use of accounting information to the development effor

Keywords


Pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, penggunaan informasi akuntansi, pengembangan usaha

Full Text:

PDF

References


Tambunan, Tulus, Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. (Jakarta: Salemba Empat, 2002). h. 97

Lestanti, Dwi, Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. (Yogyakarta: Skripsi, Universitas negeri Yogyakarta, 2015) h. 102.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Data Jumlah UKM di Kota Medan Tahun 2017. (Medan, 2017)

Utami, Elsa Nanda & Mulyaningsih, Hendrati Dwi, Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM (Studi Pada UMKM peserta program PUSPA 2016 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia). (e-Proceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017). h. 643.

Lestanti, Dwi, Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. (Yogyakarta: Skripsi, Universitas negeri Yogyakarta, 2015). h. 81.

Baridwan, Zaki, 2000. Intermediate Accounting. Edisi Tujuh. (Yogyakarta: BPFE, 2000). h. 112.

Ikhsan, Arfan & Ishak, Muhammad, 2005. Akuntansi Keprilakuan. (Jakarta: Salemba Empat). h.36.

Tarmizi, Rosmiaty dan Ni Luh Sartika Bugawanti, 2013. Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah terhadap Penggunaan SAK ETAP di Kota Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol 4, No 2. h. 21.

Purwanti, Ira & Hudiwinarsih, Gunasti, Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Perusahaan Kecil Dan Menengah Di Surabaya. (The Indonesian Accounting Review, Volume 2, No. 1, January 2012, pages 11 – 24, 2012) h.22.

Sunaryanto, Studi Mengenai Orientasi Tenaga Penjual Pada Pelanggan Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Penjual. (Semarang: Tesis Universitas Diponegoro, 2005). h. 114.

Widiyanti, Yayuk. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengushaa Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi Keuangan. (Studi Pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Sentra KerajinanTas Kain Kabupaten Kendal). (Semarang: Skripsi Akuntansi Universitas Negeri Semarang, 2013). h. 28.

Abubakar, A., & Wibowo. (2004). Akuntansi Untuk Bisnis: Usaha Kecil Dan. Menengah. (Jakarta: Grasindo). h.112

Setyaningrum, Destiana; Adi Wiratno dan Sukirman, 2014. Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Budaya Perusahaan, Dan Umur Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Terhadap UKM Yang Menghasilkan Produk Unggulan Di Kabupaten Banyumas). Journal & Proceeding Universitas Jenderal Sudirman , Vol. 4 No.1, 2014 h. 19-20.

Anoraga Pandji, Pengantar bisnis. Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. (Jakarta: Rieneka Cipta, 2007). h.95

Harmaizar Z., Menggali Potensi Wirausaha. (Bekasi: Dian Anugerah Prakas, 2006). h. 85.

Mustaqhfiroh, Faktor Penentu Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Intervening. (Semarang: Skripsi S1, Universitas Negeri Semarang, 2016). h. 23.

Fitriyah, Hadiah, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha. (Surabaya: Tesis Program Pasca Sarjana Universitas, 2006) Airlangga. h. 83.

Sugianto (2014). “Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Usaha, Dan Jenis Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Yang Ada di Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjung Pinang”, Makalah Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang

Riyanti, Benedicta Prihatin Dwi. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. (Jakarta : PT Grasindo, 2003). h.41.

Sugianto, Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Usaha, Dan Jenis Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Yang Ada di Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjung Pinang, Makalah Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang, 2014. h. 23




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v6i2.5506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam by Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/