Pengaruh Strategi Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi pada Generasi Milenial

Yani Aguspriyani, Miko Polindi, Putri Diesy Fitriani, Trisna Taufik Darmansyah, Rezky Mehta Setiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi digital marketing terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada generasi milenial di Indonesia. Variabel bebas yang digunakan adalah strategi digital marketing yang terdiri dari digital advertising, social media marketing, email marketing, dan website marketing. Variabel terikat adalah keputusan pembelian produk asuransi, sedangkan variabel kontrol adalah umur, pendidikan, dan pengalaman menggunakan media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penerimaan teknologi (Technology Acceptance Model/TAM), teori pemasaran digital, dan teori perilaku konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah survey cross-sectional dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dari 120 responden generasi milenial di Indonesia yang memiliki pengalaman menggunakan media sosial dan pernah membeli produk asuransi melalui digital marketing. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital advertising, social media marketing, email marketing, dan website marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada generasi milenial di Indonesia. Selain itu, umur dan pendidikan responden juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi. Namun, pengalaman menggunakan media sosial tidak berpengaruh signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi digital marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada generasi milenial di Indonesia.


Keywords


digital marketing, asuransi, generasi milenial, keputusan pembelian, strategi pemasaran, media sosial, teknologi acceptancemodel.

Full Text:

PDF

References


Apris, Apris. Pengaruh Relationship Marketing dan cross selling Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Diss. Universitas Jambi, 2021.

Arifuddin, Rani Rifani, Abdul Rahman Kadir, and Nuraeni Kadir. "Pengaruh Personal Selling Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Pt. Qbe General Insurance Indonesia Cabang Makassar." Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship 2.3 (2019): 92-108.

Billah, Intan Indana. Pengaruh digital marketing terhadap permintaan gadai dengan mediasi perilaku konsumen pada Erahn. id Malang. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Darmawansyah, Trisna Taufik, and Yani Aguspriyani. "Pengaruh Pendapatan Premi dan Hasil Investasi terhadap Underwriting Dana Tabarru’pada PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera." Kubik: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika 3.2 (2018): 123-130.

Duffett, R. G. (2017). Exploring the influence of social media marketing on millennials' purchase decisions for insurance services. Journal of Financial Services Marketing, 22(2), 88-99.

Geisser, M., & Ranaweera, C. (2019). The effect of digital marketing communication on customer loyalty: An exploratory study of insurance companies in the United Kingdom. Journal of Customer Behavior, 18(2), 175-196.

Gounaris, S. P., Koritos, C., & Vassilikopoulou, A. (2015). The influence of social media on the purchase behavior of insurance products: An empirical study. Journal of Financial Services Marketing, 20(2), 105-115.

Harikedua, Virgin Valentine. Pengaruh Personal Selling dan Digital Marketing Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek TOB Insurance Cabang Jakarta. Diss. IPB University.

Li, X., Liu, Y., & Liang, X. (2020). Digital marketing in insurance industry: A systematic literature review. Journal of Intelligent & Fuzzy Systems, 38(4), 4599-4609.

Nazilah, Khoirun, et al. "Dampak E-Commerce Terhadap Peningkatan Pemasaran Jasa Pengiriman Barang Melalui Si Cepat Express." Teknik: Jurnal Ilmu Teknik Dan Informatika 1.2 (2021): 83-95.

Putri, Diva Syavira Permata, and Yayuk Sri Rahayu. "Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian produk jasa pada fintech syariah (studi pada Erahn. Id)." Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 7.3 (2022): 1077-1092.

Sulistianti, Annisa, N. Eva Fauziah, and Ilham Mujahid. "Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Polis Asuransi." Prosiding Hukum Ekonomi Syariah 6.2 (2020): 288-290.

Taboubi, S., & Bahloul, M. (2019). The impact of social media on insurance companies' marketing strategy: A case study of the Tunisian market. Journal of Business Research, 96, 318-330.

Yoyo Sudaryo, S. E., et al. Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. Penerbit Andi, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v8i1.14937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yani Aguspriyani, Miko Polindi, Putri Diesy Fitriani, Trisna Taufik Darmansyah, Rezky Mehta Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/