Pengaruh Utang dan Total Ekuitas Terhadap Profitabilitas (Pada Perusahaan Syariah yang Terdapat di JII (Jakarta Islamic Index) Tahun 2017-2019)

A A Miftah, Khairiyani Khairiyani, Nelvia Srilovita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara debt & total equity terhadap profitabilitas (pada perusahaan syariah yang terdaftar di jii (jakarta Islamic index) tahun 2017-2019). Populasi dalam penelitian ini adalah (JII). Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari situs resmi (BEI) tahun (2017-2019). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling pada Jakarta Islamic Index periode 2017-2019 dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan tool aplikasi Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t parsial utang jangka pendek berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, variabel utang jangka panjang berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas.


Keywords


Utang Jangka Pendek; Utang Jangka Panjang; Ekuitas; Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H., 266. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan.

Firmansyah. (2016). Analisis Hutang, Aktiva, Likuiditas yang Mempengaruhi Return on Asset pada Sektor Hotel Restoran dan Pariwisata di Bursa Efek Indonesia.

Jawal, R. (n.d.). Pengaruh Hutang Dan Ekuitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Karya Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Fe Upi Y.A.I.

Maulana, Z., & Fhonna Safa, A. (2017). Pengaruh Hutang Jangka Pendek Dan Hutang Jangka Panjang Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Bank Mandiri Tbk. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi).

Musa, J. (n.d.). Hadist nabi SAW tentang larangan menunda membayar hutang (suatu kajian hatlil).

Nadira, L., & Rustam. (2013). Pengaruh Hutang Jangka Pendek Dan Jangka Panjang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono, 8. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono, 80. (n.d.).

Sugiyono, 145. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Wempy Singgih & Darsono. (2013). Pengaruh Struktur Utang Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2011—2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v7i1.11519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 A A Miftah, Khairiyani Khairiyani, Nelvia Srilovita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/