Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK MKM) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kecamatan Nipah Panjang

Yayuk Andriani, Sucipto Sucipto, Muhammad Orinaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SAK EMKM pada usaha mikro kecil menengah kecamatan Nipah Panjang. Dikaji guna untuk mengetahui praktik pencatatan laporan keuangan yang dilakukan UMKM tersebut, serta faktor-faktor yang menyebabkan tidak terlaksananya pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM pada UMKM tersebut.
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yakni langsung terjun dilapangan terkait dengan apa yang dilakukan mengarah pada deskripsi serta penerapan pencatatan keuangan berbasis SAK EMKM dengan melakukan wawancara dan mengambil laporan keuangan untuk diolah agar sesuai dengan SAK EMKM. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik Usaha yang dipilih di Kecamatan Nipah Panjang yaitu Usaha Batik Idola, Usaha Kerupuk Harum Melati dan Bangsal Edi. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pencatatan keuangan yang dilakukan secara manual dan masih sangat sederhana. Faktor yang menyebabkan belum terlaksana pencatatan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada usaha mikro kecil menengah Kecamatan Nipah Panjang yakni karena adanya faktor internal yaitu kurangnya pemahaman, kedisiplinan dan sumber daya manusia. Sedangkan faktor eksternalnya karena kurangnya pengawasan dari stakeholder yang berkepentingan dengan laporan keuangan.


Keywords


UMKM, Penerapan Akuntansi, SAK EMKM

Full Text:

PDF

References


A lutfiazahra. implementasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP)pada UMKM pengerajin batik di kampung laweyan surakarta, 2015.

ahmad sholikin, ade setiawan. kesiapan umkm trehadap implementasi sk emkm(study UMKM di Kabupaten bura). in surakarta 1 no 2 (November 2018).

amatulah, azizah, diajeng rachmanti, heriyadi, misrin, andrianto. analisis penyusunan laporan keuangan UMKM batik jumput dahlia berdasarkan EMKM XVI,No 01 (Januari 2019).

dewan standar akuntansi keuangan ikatan akuntan indonesia, exposure draft standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah, 2016, hal 2.

evgenia.M.R.B.M. penerapan pencatatan akunatnsi dan penyusunan laopran keuangan berdasarkan sak emkm pada umkm desa gembang sari, 2016.

fordebi, adesy. akuntansi syariah seri konsep dan aplikasi ekonomi islam dan bisnis islam. pt rajagrafindo, 2016.

hery, S.E.,M.Si. akuntansi keuangan menengah, 978/979/010/6383:335. PT bumi aksara, 2019.

jilma dewi ayu ningtyias, S.Pd, M.Si. penyususnan laporan keuangan UMKM berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah(SAK EMKM) (STUDY KASUS DI umkmbintang malam pekalongan) 2 No. 1 (agustus 2017).

lexy J.Moelong. metodologi penelitian kualitatif(bandung:PTremaja rosdakarya), halaman 26, 2014.

Ni komang Ismadewi, nyoman trisna herawati, anantawikra ma tungga ATMAJA. penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menegah (SAK EMKM), Maret 2017..

rosita vega savitri,sifuddin. pencatatan akuntansi pada usaha mikro kecil memengah(study pada umkm MR.pelangi semarfang). universitas semarang 5 no 2 (2020).

suharsimi arikanto. prosedur penelitian, t.t., h.145.

Tatik amani. penerapan SAK EMKM sebagai prnyusunan laporan keuangan UMKM (study kasus di UD dua putri solehah probolinggo. universitas panca marga probolinggo, 2018.

viola syukrina. analisis persepsi pelaku ukm dan sosialisasi sak emkm terhadap diberlakukannya laporan keuangan yang berbasis sak emkm, t.t.

vivi yanti. analisis pnerapan akuntansi pada usaha menengah pengusaha dodol. universitas negeri sumatera utara, 2020.

yuli rahmini suci. perkembangan umkm(usaha mikro kecil dan menengah) di indonesia. sekolah tinggi ilmu ekonomi balik papan 6 No. 1 (Januari 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v7i1.11204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yayuk Andriani, Sucipto Sucipto, Muhammad Orinaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/