PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI KECAMATAN BLANGKEJEREN

Nabila Ghaisani

Abstract


Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui bagaimana penggunaan media sosial Tik Tok yang dilakukan oleh para remaja di Kecamatan Blangkejeren dan mengetahui tindakan atau perilaku keagamaan seperti apa yang dilakukan oleh para remaja di Kecamatan Blangkejeren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial Tik Tok dan apakah terdapat pengaruh yang dapat disebakan dari penggunaan media sosial Tik Tok terhadap perilaku keagamaan remaja di Kecamatan Blangkejeren. Analisis ini menggunakan dua variabel, yakni media sosial Tik Tok dan perilaku keagamaan. Sampel pada penelitian ini adalah para remaja di Kecamatan Blangkejeren yang berusia 13 sampai 18 tahun yang aktif menggunakan media sosial Tik Tok. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 93 responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesisnya menggunakan uji determinasi atau R2. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa penggunaan media sosial Tik Tok yang mereka gunakan memiliki intensitas yang cukup tinggi setaip harinya dan terdapat pengaruh yang disebabkan oleh penggunaan media sosial Tik Tok terhadap perilaku keagamaan remaja di Kecamatan Blangkejeren dengan nilai presentase mencapai 52,3%. Hal ini berarti bahwa sangat besar pengaruh yang dapat ditimbulkan dari penggunaan media sosial Tik Tok sehingga dapat mempengaruhi perilaku keagamaan remaja di Kecamatan Blangkejeren. Baiknya ketika menggunakan media sosial Tik Tok, para remaja tidak meniru hal buruk yang dapat mempengaruhi perilaku keagamaan mereka.


Keywords


Media Sosial, Tik Tok, Perilaku Keagamaan Remaja

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Deriyanto, Demmy, Fathul Qorib, 2018, Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Tik Tok, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 7 No. 2.

Dwi, Deni Cahyani, Dampak Penggunaan Media Sosial Tik Tok terhadap Interaksi Sosial, Skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam, (Bandar Lampung: Universitas Raden Intan, 2020).

Ichsan, Muhammad Thaib, Perkembangan Jiwa Agama Al-Murahiqoh (Remaja), Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, (Banda Aceh: UIN Ar Raniry, 2015).

Asmaul Islamiyah, Dampak Teknologi Informasi terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Menganti Gresik, Skripsi Ilmu Ushuluddin dan Filsafat, (Surabaya: UIN Surabaya, 2018).

Tri Buana, Dewi Maharani, Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreatifitas Anak, Jurnal Inovasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v27i2.10980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 An Nadwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.