Arabisasi Pemerintahan Islam pada Masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan

Surma Hayani, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Pemerintahan Dinasti Umayyah yang dipimpin oleh Khalifah Abdul Malik pada tahun 23H-86H, yaitu memajukan dan mengembangkan pemerintahan Arab dengan menyebarkan syariat-syariat Islam. Tetapi pada masa itu juga Abdul Malik bin Marwan mengalami kesulitan karena ada yang menentangnya dalam menguasai negara Arab, yang bernama Hajjaj bin Yusuf ats-Tsaqafi, mereka memperebutkan kekuasaan negara dan bangsa, tetapi yang berhasil dalam perebutan ini ialah Abdul Malik bin Marwan. Oleh sebab itu tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisis pemerintahan Islam yang dikembangkan oleh khalifah Abdul Malik bin Marwan serta peristiwa penting dan kebijakan dalam kepemimpinan Dinasti Umayyah. Selanjutnya jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan histories. Hasil dari penelitian ini adalah khalifah Abdul Malik bin Marwan menjadikan menjadikan bahasa Arab menjadi bahasa resmi negara, mengganti mata uang, pembaharuan ragam tulisan bahasa Arab, pembaharuan bidang perpajakan, pengembangan sistem pos, kerajinan dan lain-lain.

Kata Kunci: pemerintahan Islam, kemajuan, perkembangan, Abdul Malik bin Marwan.


Keywords


Arabic government, progress, development, Abdul Malik bin Marwan.

Full Text:

PDF

References


Al-‘Isy, Yusuf. (2007). Sejarah Dinasti Umayyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-‘Isy, Yusuf. (2009). Dinasti Umawiyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Amin, Husyn Ahmad. (1997). Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam. Bandung: Remaja Rosdakarta Offset.

Arief, Armai. (2004). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Angkasa.

Kholison, M. (2015). Bahasa Arab: Sejarah dan Perkembangannya. Jurnal Sejarah dan Perkembangan, 7(1). Retrieved from http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/turats/article/view/76.

Kuswanjono, Arqom. (2016). Hakikat Ilmu dalam Pemikiran Islam. Jurnal Filsafat, 26(2). Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/12787/9152.

Mansur, Fadli Munawwar. (2003). Pertumbuhan dan Perkembangan Budaya Arab pada Masa Bani Umayyah. Jurnal Humaniora, 15(2). DOI: https://doi.org/10.22146/jh.785.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nizar, Samsul. (2013). Sejarah Pendidikan Islam (Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Permana, Farid. (2018). Pendidikan Islam dan Pengajaran Bahasa Arab pada Masa Dinasti Umayyah, Jurnal Ilmiah Al-Qalam, 12(2). Retrieved from https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/download/74/64

Rachman, Taufik. (2018). Bani Umayyah di lihat dari tiga Fase (Fase terbentuk, Kejayaan dan Kemunduran). Jurnal Sejarah Peradaban Islam, 2(1). Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/juspi/article/download/1079/1428.

Rianawati. 2010. Sejarah dan Peradaban Islam. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Saputri, Itsnawati Nurrohman. (2017). Perkembangan Kubah Batu, Masjid Damaskus, Perluasan Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi pada Masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan dan Walid bin Abdul Malik. Jurnal Millati, 2(2). Retrieved from http://millati.iainsalatiga.ac.id/index.php/millati/article/download/1256/796.

Sunanto, Musyrifah. (2003). Sejarah Islam Klasik. Bogor: Kencana.

Syah, Hidayah. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Pekanbaru: Indrasakti Riau.

Syu'ub, Muhammad. (Tanpa Tahun). Sejarah Bani Umayyah. Jakarta: PT.Bulan Bintang.

Yakub, dkk. 2008. Sejarah Peradaban Islam. Medan: Perdana Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/juspi.v3i2.6509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)

Program Studi Sejarah Peradaban Islam (Study Program of History of Islamic Civilization),
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Email: jurnal.juspi@uinsu.ac.id

JUSPI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License