ANALISIS BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUMATERA UTARA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan isi buku panduan praktikum fisika dasar berdasarkan hasil angket mahasiswa dan mendeskripsikan isi buku panduan praktikum fisika dasar berdasarkan penilaian ahli. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan subjek penelitain adalah buku panduan praktikum.. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumaera Utara Medan yaitu mahasiswa kelas fisika 1, fisika 2 serta mahasiswa kelas biologi 3 yang seluruhnya berjumlah 94 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket (kuisioner) yang disebarkan kepada mahasiswa. Penskorannya berupa skala likert. Sebelum instrumen tersebut disebarkan, terlebih dahulu angket tersebut divalidkan oleh 3 validator yaitu 3 orang dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan buku panduan praktikum dinilai sangat baik sebesar 17.02, dinilai baik sebesar 81,91 dan dinilai cukup baik sebesar 3.19. Sedangkan berdasarkan penilaian ahli materi menyimpulkan bahwa buku panduan praktikum secara keseluruhan dapat disimpulkan sudah baik, walaupun pada beberapa indikator seperti, tujuan praktikum, prosedur percobaan serta tabel pengamatan perlu di perbaiki agar buku panduan praktikum lebih maksimal sehingga praktikan lebih mudah melaksanakan praktikum fisika dasar.
Full Text:
PDFReferences
Ditjen PMPTK. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Ditjen PMPTK
Depdiknas.
Erwin, dkk, Strategi Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol.9 No. 1 April 2018, p12-20. P-ISSN 2086-2407, e-ISSN 2549-886X
Misbah, dkk, Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Dasar I Berbasis 5M Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains dan Karakter Wasaka, Jurnal Fisika FLUX Volume 15, Nomor 1, Februari 2018
Nisdiawanti, Evaluasi Penggunaan Laboratorium Fisika Berbasis
Kurikulum Sekolah di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, UIN Alauddin Makassar, 2017
Rahdiyanta, D, Teknik Penyusunan Modul. Artikel, 2012
Rustaman, NY, Perencanaan dan Penilaian Praktikum di
Perguruan Tinggi, Bandung, UPI, 2002
Suprananto, Kusaeri, Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Graha Ilmu, 2012
Wahyu, Muhammad, dkk, Pengembangan Modul Pembelajaran
Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal EST Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017, p-ISSN:2460-1497 dan e-ISSN: 2477-3840Makasar: Universitas Negeri Makasar
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v5i1.7664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Current Indexing :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.